Wabup Mentawai minta peserta pemilu tunjukkan cara berpolitik yang baik

id Pemilu

Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake (Ist)

Apabila, isu yang bisa mengundang konflik disuguhkan parpol untuk raup suara, maka masyarakat akan apatis, karenanya mari bersama menjaga dan saling menghormati agar pemilu di Mentawai berjalan dengan baik.
Tuapeijat (Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat Kortanius Sabeleake meminta peserta pemilu agar menunjukan cara berpolitik yang dan humanis sehingga penyelenggaraan dapat berjalan lancar tanpa ada intrik yang tak sehat.

Hal itu disampaikan Kortanius pada kesempatan sosialisasi pemilu serentak 2019 yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis.

“Tunjukan cara berpolitk yang baik, humanis. Isu SARA jangan dijadikan sebagai alat untuk merebut kekuasaan dan menciptakan konflik di Mentawai, karena sampai saat ini daerah kita sangat aman," tegasnya.

Apabila, isu yang bisa mengundang konflik disuguhkan parpol untuk raup suara, maka masyarakat akan apatis, karenanya mari bersama menjaga dan saling menghormati agar pemilu di Mentawai berjalan dengan baik.

“Kita tahu, konstalasi politik saat ini dipadukan dengan isu-isu SARA, kita mulai diadu dengan berita hoaks, harapan kami kepada parpol berpolitiklah dengan baik, berpolitiklah yang damai, jangan adu domba, jangan saling memburukkan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wabup menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai yang melaksanakan sosialisasi dengan memadukan pertunjukan seni budaya.

“Kami berterimakasih kepada KPU memadukan kegiatan sosialisasi dengan pertunjukkan seni budaya. Semoga ini juga melekat kepada anggota KPU yang baru dengan pendekatan budaya, tidak hanya tari Mentawai ke depan, tapi juga ada tari budaya lain, seperti batak, nias, minang yang ditampillkan sehingga kebudayaan yang ada di Mentawai tetap terjalin aman damai,” kata Wabup.
Ketua KPU Kepulauan Mentawai (Ist)
Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Laurensius Sarogdok, menyampaikan dengan sosialisasi pemilu serentak 2019 dilakukan dengan memadukan dengan pertunjukan seni nuansa kebudayaan daerah.

Semoga dengan sosialisasi nuansa kebudayaan ini, bisa membawa nuansa kebatinan dalam pembangunan, pagelaran seni budaya dengan tari kreasi.

Jangan melihat siapa menang, tapi melihat Mentawai yang berbudaya dan beradat, mari sama-sama menyukseskan pemilu serentak 2019, tambah Laurensius Sarogdok.

Sementara itu dalam pelaksanaan pemilu serentak di Mentawai, Kapolres Kabupaten berjanji akan mengawal pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar.

Kapolres Kepulauan Mentawai AKBP Hendri Yahya, mengatakan melalui seni budaya diharapkan pelaksanaan pemilu nantinya berjalan lancar.

Bagi yang sudah terdaftar sebagai pemilih dapat memberikan suaranya sesuai dengan hati nuraninya, semua lapisan masyarakat, pemangku kepentingan dapat mendukung jalannya pemilu tertib, aman, terkendali.
Kapolres Kepulauan Mentawai (Ist)
"Kita sambut pemilu dengan rasa kebersamaan, kekompakan, kami akan siap mengamankan pesta demokrasi pada 2019,” kata Kapolres.

Pada sosialisasi yang dibarengi pertunjukan seni budaya tersebut digelar perlombaan tari kreasi dan tarian adat Mentawai (turu’ laggai)

Tampak hadir dalam acara sosialisasi tersebut Dandim Kabupaten Kepulauan Mentawai, Letkol CZI Didid Yusnadi, kemudian Ketua Panwaslu Mentawai Joko Haryanto dan pimpinan partai politik yang ada di Mentawai. *
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar