BPJS Kesehatan: peralatan rumah sakit rusak segera perbaiki

id BPJS Kesehatan,Pelayanan Rumah Sakit

(Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Kalau ada rumah sakit yang peralatannya rusak kami berharap untuk segera diperbaiki agar bisa digunakan
Padang, (Antaranews Sumbar) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mendorong rumah sakit meningkatkan kualitas layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat, seperti memperbaiki peralatan yang rusak.

"Kalau ada rumah sakit yang peralatannya rusak kami berharap untuk segera diperbaiki agar bisa digunakan," kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Padang Delila Melati di Padang, Senin.

Menurutnya jika ada pasien yang harus diobati menggunakan peralatan tertentu dan ternyata alat tersebut rusak maka direkomendasikan agar pasien tersebut dirujuk ke rumah sakit lain yang memiliki alat serupa.

"Jadi tidak harus menunggu perbaikan alat selesai dan prinsipnya ada rujukan tetap berjenjang," ujar dia.

Ia menyampaikan jika berdasarkan indikasi medis semua biaya yang timbul dalam proses pengobatan termasuk penggunaan alat akan ditanggung merujuk kepada tindakan medis yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan tentang Tarif.

"Dalam peraturan tersebut diatur bagaimana kedua belah pihak menjalankan Permenkes dan UU tentang pelayanan teknis," kata dia.

Sebelumnya salah seorang peserta JKN KIS di Padang Kaka Mukhlis mengeluhkan tidak bisa melanjutkan pengobatan kanker yang diderita pada i salah satu rumah sakit karena alat untuk pengobatan mengalami kerusakan.

"Dokter merekomendasikan agar dicek menggunakan alat tersebut, ternyata rusak dan hanya ada di Jakarta alat serupa," kata dia.

Ia berharap pihak rumah sakit segera memperbaikinya karena kalau dirujuk ke luar Sumbar cukup jauh dan biaya besar.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar