28 SMP di Padang akan selenggarakan UNBK

id UNBK

28 SMP di Padang  akan selenggarakan  UNBK

Siswa salah satu SLTA di Solok mengikuti UNBK 2018. (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 28 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang, Sumatera Barat menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 yang akan dilaksanakan selama empat hari mulai 23 hingga 26 April 2018.

?Jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK masih sedikit karena terkendala sarana dan prasarana,? kata Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang Ramson saat dihubungi di Padang, Minggu.

Ia mengatakan ujian nasional akan dilaksanakan selama empat hari dengan mata ujian yang berbeda setiap harinya.

Pada hari pertama pelajar mengikuti ujian Bahasa Indonesia, kemudian bahasa Inggris, matematika dan hari terakhir Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

?Untuk yang UNBK akan dilaksanakan dalam tiga sesi setiap harinya,? kata dia.

Ia menyebutkan jumlah sekolah menengah yang ada di Kota Padang sebanyak 115 sekolah, untuk SMP negeri ada 43 sekolah namun yang melaksanakan UNBK hanya 14 sekolah.

Sementara untuk SMP swasta ada sebanyak 53 sekolah dan yang melaksanakan UNBK sebanyak 14 sekolah.

?Untuk tahun ini Madrasah yang ada di Kota Padang belum ada yang melaksanakan UNBK,? ujarnya.

Ia mengatakan syarat suatu sekolah dapat melaksanakan UNBK adalah memiliki jumlah komputer sepertiga dari total jumlah murid yang ada di sekolah itu.

Untuk menjaga pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer dapat berjalan lancar pihaknya telah menyurati PLN agar tidak mematikan daya ketika ujian berlangsung.

?Kami terus berupaya agar pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan baik dan lancar,? ujarnya.

Pada 2019 pihaknya menargetkan 53 sekolah menengah di Kota Padang dapat melaksanakan ujian nasional berbasis komputer.

?Berikutnya pada 2020 kami menargetkan seluruh sekolah menengah di Padang dapat menggelar ujian nasional berbasis komputer ini,? ujarnya.