Sepak bola - Marko Simic ciptakan empat gol saat Persija taklukan JDT 4-0

id Sepak bola

Sepak bola - Marko Simic ciptakan empat gol saat Persija taklukan JDT 4-0

Ilustrasi - sepak bola (pixabay.com)

Gol-gol Simic di laga Grup H Piala AFC 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta itu dicetak pada menit ketujuh, ke-12, ke-19, dan penalti di menit ke-86
Jakarta, 10/4 (Antara) - Penyerang Marko Simic ciptakan empat gol atau "quattrick" saat Persija Jakarta taklukan klub asal Malaysia Johor Darul Ta'zim (JDT) 4-0 dalam lanjutan Piala AFC 2018, Selasa.

Gol-gol Simic di laga Grup H Piala AFC 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta itu dicetak pada menit ketujuh, ke-12, ke-19, dan penalti di menit ke-86.

Ini adalah gol ketujuh Marko Simic di Piala AFC 2018 setelah sebelumnya menorehkan trigol di pertandingan kontra tim dari Singapura Tampines Rovers pada Rabu (28/2) di Jakarta.

Hasil ini membuat Persija untuk sementara meraup 10 poin, sama dengan SLNA yang di hari bersamaan menaklukkan tim Singapura Tampines Rovers 2-1.

Namun, Persija berhak mengisi puncak klasemen karena unggul "head to head" dari SLNA yang mereka tahan seri 0-0 di pertemuan pertama di Vietnam dan kalahkan 1-0 di perjumpaan kedua di Jakarta.

Dari laga Persija versus JDT, tim berjuluk Macan Kemayoran menekan JDT sejak awal pertandingan. Mengandalkan pemain sayap Riko Simanjuntak di sisi kanan, anak-anak asuh pelatih Stefano "Teco" Cugurra ini terus menggempur pertahanan JDT.

Setelah beberapa kali mendapatkan peluang, Persija akhirnya sukses menjebol gawang JDT yang dikawal Izham Tarmizi di menit ketujuh.

Bola yang bergulir liar di sisi kiri pertahanan JDT berhasil dikejar oleh Riko Simanjuntak yang segera mengirimkannya ke kotak penalti. Simic yang berada di depan gawang menanduk masuk bola itu ke gawang lawan. Skor 1-0 untuk Persija.

Riuh kegembiraan puluhan ribu suporter Persija The Jakmania di SUGBK kembali terdengar lima menit setelahnya karena Marko Simic lagi-lagi melesakkan bola ke gawang JDT.

Penyerang asal Kroasia itu memanfaatkan dengan sangat baik umpan tendangan bebas bek kiri M. Rezaldi Hehanusa dari sisi kanan pertahanan JDT dan menjadikan skor 2-0.

Riko Simanjuntak kembali menunjukkan kelasnya, kali ini untuk gol ketiga Persija yang ditorehkan di menit ke-19.

Pemain berusia 26 tahun asal Sumatera Utara itu menyisir sisi kiri pertahanan JDT dan memberikan operan kepada Ramdani Lestaluhu di dalam kotak penalti. Nama terakhir ini yang lantas menyodorkan bola ke Marko Simic yang mengonversinya menjadi gol.

Tidak ada gol lain tercipta usai gol tersebut. Skor 3-0 pun bertahan sampai babak pertama berakhir.

Di babak kedua, kedua tim menurunkan tempo permainan dan praktis tidak membuat satupun peluang berbahaya sampai menit ke-70.

Di menit ke-75, Persija hampir menambah gol jika saja umpan Riko Simanjuntak yang diawali pergerakan dari sayap tak dihentikan kiper JDT.

Tiga menit setelahnya, JDT berlaga dengan 10 pemain setelah bek Adam Nor Azlin diberikan kartu kuning kedua usai melanggar Ramdani Lestaluhu.

Gol tambahan Persija datang di menit ke-86 melalui tendangan penalti Marko Simic. Tendangan 12 pas itu didapatkan setelah Riko Simanjuntak dijatuhkan di kotak terlarang.

Skor 4-0 tidak berubah sampai peluit akhir pertandingan ditiup wasit asal Thailand Sivakorn Pu-Udom.(*)