Jembatan Alahan Tabek-Air Sonsang ambrol, warga bikin jembatan darurat

id jembatan darurat,padang pariaman dilanda banjir

Jembatan Alahan Tabek-Air Sonsang ambrol, warga bikin jembatan darurat

Sejumlah warga sedang meletakkan potongan batang kelapa guna membangun jembatan darurat. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Sejumlah warga Nagari Sikucua Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat bergotong royong membangun jembatan darurat karena sarana penghubung itu ambruk pascadihantam derasnya aliran Sungai Batang Nareh sore kemarin.

"Jembatan itu menghubungkan antara Korong Alahan Tabek dengan Air Sonsang Durian Angik," kata Pejabat Walinagari Sikucua Barat, M. Nursal di Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Selasa.

Ia mengatakan karena jembatan tersebut merupakan akses terdekat warga untuk menuju pusat nagari maka secara swadaya sarana penghubung itu dibangun meskipun masih bersifat darurat.

Jembatan darurat tersebut dibangun dengan menggunakan batang kelapa yang menghubungkan bibir sungai dengan sisa jembatan yang masih berdiri.

Ia mengharapkan pemerintah setempat segera membangun jembatan baru karena dikhawatirkan apabila aliran sungai deras kembali terjadi maka jalan yang dilewati warga untuk menuju pusat nagari akan jauh.

Di dekat lokasi ambruknya jembatan juga ditemukan badan jalan yang terban serta satu tiang listrik hampir roboh sehingga dikhawatirkan akan mengancam aliran listrik di daerah itu.

Sementara itu, warga setempat, Nasirman meminta pemerintah setempat juga membeton sisi kiri dan kanan sungai karena dapat mengancam sawah, rumah, dan musala.

"Apabila dibiarkan maka akan mengancam sawah, rumah, dan mushala kami," katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman, Budi Mulya mengatakan terkait infrastruktur yang ambruk karena arus sungai pihaknya akan minta bantuan dari tim teknis dari Dinas Pekerjaan Umum.

Sebelumnya, BPBD Padang Pariaman mengevakuasi sejumlah warga di Nagari Campago dan Nagari Campago Selatan Kecamatan V Koto Kampung Dalam karena banjir akibat meluapnya Sungai Batang Naras.

Sedangkan banjir tersebut mulai surut sekitar pukul 23.00 WIB malam tadi.

Video: Aadiaat M S