Tiga program baru Indra Catri

id indra catri

Tiga program baru Indra Catri

Bupati Agam, Indra Catri memberikan kata sambutan saat meluncur tiga program di halaman kantor Camat Malalak, Kamis (15/3). (Dokumentasi Humas Pemkab Agam)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri, meluncur tiga program di Kecamatan Malalak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Ketiga program itu Gerakan Satu Rumah Empat Pohon, Gerakan Peduli Anak Yatim, dan Gerakan Peduli Lingkungan.

"Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat, tokoh adat dan lainnya yang telah merancang program ini," katanya di halaman Kecamatan Malalak, Kamis.

Ia mengatakan, Gerakan Satu Rumah Empat Pohon ini diwajibkan keluarga penerima manfaat (KPM), menanam empat jenis bibit tanaman yang bernilai ekonomis seperti, sayur-sayuran, dan buah-buahan di perkarangan rumahnya.

Program itu dapat memenuhi kebutuhan harian KPM, sekaligus menambah penghasilan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara Gerakan Peduli Anak Yatim, untuk meningkatkan rasa empati dan tanggung jawab dari seluruh elemen masyarakat terhadap anak yatim di Malalak.

Begitu juga dengan Gerakan Peduli Lingkungan yang digagas melalui program lorong garden.

Masing-masing kepala jorong akan menentukan satu buah lorong atau jalan yang akan dijadikan taman untuk ditanami sayuran, tanaman obat keluarga dan tanaman dapur lainnya.

"Program ini memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat yang berada di lorong tersebut," katanya.

Untuk mendukung program itu, pemerintah akan memberikan bantuan bibit tanaman dan masyarakat hanya menyediakan lokasi dan merawat tanaman itu.

Sementara itu, Camat Malalak, Hidayatul Taufik mengatakan, di daerah itu sebanyak 417 KPM dan anak yatim 256 orang.

Setiap bulan, katanya, mengumpulkan beras dari setiap rumah tangga. Setelah itu, beras itu diuangkan.

"Dana tersebut disalurkan ke anak yatim setiap bulannya," katanya. (*)