Seniman sampaikan aspirasi kepada cawako Padang

id Pilkada Padang

Seniman sampaikan aspirasi kepada cawako Padang

Belasan seniman Padang sampaikan aspirasi kepada Calon Wali Kota Padang Mahyeli di Padang ,Kamis. (Antara Sumbar/ Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Belasan seniman di Kota Padang, Sumatera Barat menyampaikan aspirasi kepada calon Wali Kota Padang Mahyeldi dengan mendatangi lansung posko pemenangan.

"Kami berharap seni budaya Minang bisa menjadi tuan rumah di Padang dan menjadi salah satu daya tarik pariwisata," kata perwakilan komunitas seni Davip Maldian di Padang, Kamis.

Menurutnya para seniman meminta dukungan agar pemerintah kota ke depan bisa lebih mengapresiasi para seniman dan penyanyi.

Baca juga: Jumlah pemilih pilkada Padang diperkirakan 584.659 orang, kata KPU

"Jika ada kegiatan jangan hanya mendatangkan artis dari luar, kami dari lokal juga mampu dan tidak kalah secara kualitas," katanya.

Ia juga mengingatkan wali kota bahwa pembangunan yang dilaksanakan harus mengakomodasi semua pihak termasuk bidang seni dan budaya.

Sejalan dengan itu seniman lainnya Fery Zein mengatakan ke depan pemerintah kota perlu menyiapkan balai latihan untuk meningkatkan standar profesi bidang seni dan budaya.

"Dengan demikian seniman dan penyanyi punya standar kompetensi sehingga bisa tampil dimana pun dan penyelenggara tidak bisa semena-mena memberikan honor," kata dia.

Baca juga: Belum ada temuan pelanggaran kampanye pilkada Padang, kata Panwaslu

Sementara calon Wali Kota Padang Mahyeldi menyambut baik aspirasi para seniman karena selama ini pihaknya membutuhkan masukan dari berbagai pihak.

"Salah satunya soal sertifikasi seniman, itu penting karena akan ada pengakuan dan posisi tawar yang lebih kuat," katanya.

Ia juga menyampaikan saat ini kawasan Pasar Raya Padang khususnya di Jalan Permindo sudah dibenahi dan diberi ruang bagi seniman menampilkan aksinya.

"Dinas Pariwisata sudah menyiapkan mobil dengan perangkat lengkap yang akan dioperasikan di pertigaan Permindo untuk menampilkan para seniman menghibur pengunjung," kata dia.