Minat masyarakat cukup tinggi ikuti pendaftar tes anggota PPS di Singkil

id PPS

Minat masyarakat cukup tinggi ikuti pendaftar tes anggota PPS di Singkil

KPU

Sehingga dipastikan masyarakat yang baru tamatan pendidikan SMA banyak mengikuti seleksi PPS, hingga mencapai 175 peserta, yang hanya di Kecamatan Singkil, bila total seluruh kecamatan dipastikan kurang lebih seribuan
Singkil, Aceh, (Antaranews Sumbar) - Minat masyarakat cukup tinggi untuk megikuti pendaftaran seleksi calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pemilu serentak 2019 di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, sehingga kegiatan itu membludak sampai ratusan orang.

Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil, Syahrial Raf MM kepada wartawan di Singkil, Senin mengatakan, membludaknya peserta seleksi, karena syarat usia calon minimal 17 tahun, sedangkan sebelumnya minimal 25 tahun.

"Sehingga dipastikan masyarakat yang baru tamatan pendidikan SMA banyak mengikuti seleksi PPS, hingga mencapai 175 peserta, yang hanya di Kecamatan Singkil, bila total seluruh kecamatan dipastikan kurang lebih seribuan," ujarnya.

Seleksi tes calon anggota PPS langsung ditangani pihak KIP karena Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) yang terpilih belum dilantik.

Mantan dosen itu juga menjelaskan, untuk tiap desa ada tiga orang yang akan dinyatakan lolos sebagai peserta PPS dan tiga orang lagi sebagai cadangan untuk menghadapi persiapan Pemilu serentak calon DPRK, DPRA, DPR - RI, DPD RI dan Presiden RI.

Peserta PPS sebanyak 171, untuk Kecamatan Singkil dibutuhkan 3 orang, tiap-tiap kecamatan saat ini interview dilaksanakan di Kecamatan Singkil. pengumuman kelulusan di lakukan 6 Maret 2018 dan akan dilantik serentak dengan PPK.

Yang melakukan interview ialah dari komisioner KIP, Sahrial Raf didampingi tiga orang PPK dari kecamatan.

"Untuk kecamatan lainnya, seleksi PPS seperti Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat yang saya tangani sudah tutas," ujarnya.

Sementara, tambah Syahrial, proses perekrutan seleksi PPS masih dalam tahap proses.

"Tidak ada tekanan selama proses seleksi PPS, hanya saja ramainya peserta, membutuhkan waktu dua hari untuk penyelesaian," jelasnya.