Pekan ini mari berkunjung ke Padang, ada serak gulo dan pawai sepasan

id serak gulo

Pekan ini mari berkunjung ke Padang, ada serak gulo dan pawai sepasan

(ANTARA FOTO)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Sumatera Barat, Medi Iswandi mengatakan kebudayaan etnis Tionghoa dan keturunan India di kawasan Pondok, Kecamatan Padang Selatan akan digelar hampir bersamaan untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah itu.

"Pada Kamis (15/2), etnis Tionghoa akan menuju perayaan puncak Imlek 2018 dengan menggelar pawai Barongsai, Sepasan dan Tandu. Sementara warga keturunan India menggelar pasar kuliner India di depan Masjid Muhammadan dan Jumat (16/2) akan dilakukan `Serak Gulo`," katanya di Padang, Rabu

Ia mengatakan pihaknya telah meminta kepada etnis Tionghoa untuk mengeluarkan kebudayaan yang mereka miliki agar menarik wisatawan datang ke kota ini dalam perayaan Imlek tahun ini.

Selain itu pada hari Jumat (16/2) masyarakat keturunan India di kawasan Pondok, juga akan menggelar kegiatan "Serak Gulo" yang rutin digelar setiap tahun.

"Perayaaan tahun ini cukup unik karena perayaan Imlek dan Serak Gulo dilaksanakan dalam hari yang berdekatan. Ini menunjukkan keberagaman yang telah ada di Kota Padang sejak dahuu kala," ujarnya

Menurut dia arahan untuk mengeluarkan seluruh budaya itu bertujuan untuk membangkitkan tradisi yang dimiliki oleh etnis tionghoa dan keturunan India di kota itu agar diketahui oleh khalayak.

"Kami mengajak masyarakat untuk datang menikmati pagelaran budaya dan seni yang dimiliki oleh kedua etnis yang telah berkembang di kota itu," katanya.

Sementara Kabag Ops Polresta Padang Kompol Ediwarman mengatakan pihaknya akan menurunkan sekitar 200 personel dalam dua hari yakni Kamis dan Jumat.

"Kami bertugas agar pelaksanaan kegiatan yang dipusatkan di kawasan Pondok tersebut berjalan dengan lancar dan aman," katanya. (*)