Gubernur: pilkada Sumbar harus sukses

id Irwan Prayitno

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. (Antara)

Semua harus sesuai aturan baik penyelenggara, pemerintah daerah, aparat keamanan, partai maupun masyarakat agar Pilkada berjalan baik
Padang, (Antaranews Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta semua pihak berkontribusi untuk memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada empat kota di daerah itu berjalan aman dan sukses.

"Semua harus sesuai aturan baik penyelenggara, pemerintah daerah, aparat keamanan, partai maupun masyarakat agar Pilkada berjalan baik," katanya di Padang, Selasa.

Ia mengatakan itu dalam Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar di Padang.

Pilkada akan dilaksanakan di Kota Padang, Pariaman, Padang Panjang, dan Sawahlunto.

Menurutnya dalam beberapa kali pelaksanaan Pilkada dan Pemilu di provinsi itu, semua berjalan dengan baik dan sukses tanpa ada riak yang mengarah pada konflik antara pendukung calon.

Hal itu harus menjadi motivasi bagi penyelenggara pemilu dan aparat keamanan dalam mengawal pelaksanaan Pilkada kali ini.

"Mari jalankan fungsi masing-masing memonitoring, mengawasi, deteksi dini agar tidak terjadi hal-hal yang di luar perkiraan yang mengancam rasa aman, dan nyaman dalam masyarakat," kata dia.

Rasa aman itu menurut dia tidak hanya dibutuhkan selama Pilkada, tetapi seterusnya untuk menjaga pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Rasa aman juga kita butuhkan dalam menarik orang berinvestasi dan berusaha di Sumbar.

Hadir dalam rapat itu Wakil Gubernur Nasrul Abit, Ketua DPRD diwakili Arkadius Dt. Intan Bano, Kapolda, Danlantamal, Danrem 032 Wirabraja, Kajati, Danlanut, BIN, dan Kepala Kesbanglinmas.

Pilkada pada empat kota di Sumbar saat ini telah memasuki tahap pengundian nomor urut pasangan calon.

Selain itu Menteri Dalam Negeri juga sudah mengeluarkan Surat Keputusan terkait nama Pejabat sementara (Pjs) wali kota masing-masing Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat Alwis menjadi Pejabat Sementara (Pjs) Wali kota Padang menggantikan Mahyeldi yang cuti karena mencalonkan diri dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada).

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Sumbar Iqbal Ramadi Payana di Padang, Selasa menyebutkan selain Alwis, dua orang pejabat lain juga dipercaya menjadi Pjs.

Dua orang itu masing-masing Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Sumbar Irwan menjadi Pjs Wali kota Padang Panjang.

Kemudian Dinas Sosial Sumbar Abdul Gaffar menjadi Pjs Wali Kota Sawahlunto. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar