Sumbar perkenalkan "taste of Padang" di HPN

id Nasrul Abit,taste of padang,HPN

Sumbar perkenalkan "taste of Padang" di HPN

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit (tengah). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S/)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memanfaatkan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 untuk memperkenalkan taste of Padang sebagai slogan pariwisata daerah.

"Slogan ini kita gunakan dalam semua kegiatan agar pariwisata Sumbar makin dikenal," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai menghadiri seminar "branding" wisata Sumbar di Padang, Selasa.

Nasrul mengatakan semua Organiasi Perangkat Daerah (OPD) Sumbar sudah diperintahkan untuk mensosialisasikan slogan itu dalam semua kegiatan, terutama yang berkaitan dengan wisata.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu strategi untuk promosi pariwisata Sumbar agar lebih dikenal tidak saja secara nasional tetapi juga internasional.

Promosi menjadi sangat penting dalam upaya pengembangan pariwisata di daerah, salah satunya melalui branding.

"Branding wisata Sumbar itu slogannya taste of Padang. Itu yang kita sosialisasikan," katanya.

Nasrul mengatakan pariwisata merupakan salah satu lokomotif perekonomian yang bisa diharapkan di Sumbar, karena memiliki potensi yang luar biasa.

Hal itu berbeda dengan sebagian provinsi lain di Indonesia yang ekonominya ikut terbantu oleh potensi sumber daya alam (SDA) seperti mineral, batu bara, dan migas.

"Sumbar ini tidak ada SDA yang bisa ditonjolkan. Yang paling potensial hanya wisata, UMKM, dan industri kecil," katanya.

Slogan "taste of Padang" sempat menuai pro dan kontra setelah diluncurkan akhir tahun 2017. Sebagian kalangan menilai slogan itu kurang mewakili Sumbar secara umum.

Namun Nasrul meminta seluruh instansi dan OPD untuk mendukung hasil yang sudah diketok palu tentang penggunaan slogan itu sebagai "branding" wisata Sumbar, apalagi penetapan branding merupakan keputusan pemerintah pusat.

"Jadi dalam rangka HPN mari ciptakan rasa aman nyaman, rasa sejuk, karena taste ini rasa. Mari kita jual taste of padang sebagai brand pariwisata dalam rangka promosikan," katanya. (*)