Minangkabau Summit perluas akses pasar UMKM

id Irwan Prayitno ,Minangkabau Summit ,HPN 2018

Minangkabau Summit perluas akses pasar UMKM

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (tiga dari kiri) bersama anggota DPD RI Leonardy Harmaini, Sekdaprov Ali Asmar, Wali Kota Padang membuka pameran rangkaian kegiatan HPN 2018 di Gor Agus Salim Padang. (ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pameran dan Temu Bisnis Pembangunan Sumatera Barat yang dikemas dalam "Minangkabau Summit" memberikan peluang bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu untuk memperluas pasar.

"Pameran ini selain menghadirkan pameran produk UMKM juga memberikan akses bertemu bagi pelaku usaha guna memperluas pasar. Ini harus dimanfaatkan secara maksimal," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai membuka pameran tersebut di Padang, Senin.

Menurutnya UMKM merupakan sendi utama perekonomian Sumbar yang patut mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, salah satunya dengan membantu memberikan akses pasar yang lebih luas.

Pasar yang luas dan terjamin akan memberikan kemungkinan lebih besar bagi UMKM untuk berkembang.

Minangkabau Summit dalam rangkaian HPN 2018 itu juga merupakan kesempatan menarik masyarakat untuk melihat potensi yang ada di Sumbar.

"Pelaku usaha dapat mempromosikan usahanya, nantinya dapat dilihat langsung masyarakat. Sehingga, nanti kita harapkan ada transaksi jual beli. Bahkan, bisa dapat membuka peluang kerjasama dari investor yang berada dari luar daerah," katanya.

Selain sebagai ajang pameran, sejumlah kegiatan lain juga digelar dalam Minangkabau Summit tersebut diantaranya lomba lari, lomba pantun, puisi, karya jurnalistik bertema lingkungan, festival rendang serta pementasan seni yang mencitrakan Minangkabau.

Ia berharap kegiatan itu benar-benar memberikan efek positif bagi UMKM di daerah itu.

Sementara itu, terkait acara HPN 2018, Irwan menyebutkan Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir pada 7 Februari dan berada di Ranah Minang hingga puncak HPN 9 Februari.

Presiden dijadwalkan menghadiri beberapa kegiatan yang dipusatkan di Sumbar, diantaranya pembagian sertifikat, kunjungi irigasi pertanian, ground breaking tol, peresmian bypass, seminar di UNP dan beberapa kegiatan yang telah di usulkan lainnya.

Ia berharap, kegiatan HPN yang berpusat di Sumbar dan dihadiri Presiden, pejabat negara dan wartawan se-Indonesia akan berdampak kepada pembangunan Sumbar. (*)