Bupati Sijunjung : Miliaran Dana Desa Mesti Dapat Perhatian Khusus

id #bupati sijunjung #dana desa

Bupati Sijunjung : Miliaran Dana Desa Mesti Dapat Perhatian Khusus

Bupati Sijunjung (baju putih) didampingi ketua DPRD dan Kapolres dalam acara launching top ten aplikasi (ANT)

Muaro (antara sumbar) Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyatakan miliar alokasi dana desa pada nagari-nagari mesti mnedapatkan perhatian khusus agar tidak melanggar ketentuan yang ada dalam penggunaannya.

Hal itu disampaikan orang nomor 1 di Lansek Manih, Rabu, dalam acara penandatangan nota kesepahaman antara Pemerintah Sijunjung denganKejaksaan Negeri dan Kepolisian Resort Sijunjung.

"Alokasi dana desa pada setiap nagari berkisar Rp1,5 miliar hingga Rp1,8 miliar yang dikelola, makanya bersama-sama dengan aparat penegak hukum mengawasinya agar pengunaan tepat sasaran," kata Yuswir.

Kerjasama ini, juga sebagai tindaklanjut arahan Presiden dan kesepakatan dengan Kejagung dan Polri secara nasional supaya penggunaan uang negara dikelola desa atau nagari akuntabel dan kepentingan masyarakat luas.

Ia mengatakan, upaya dari pemerintah daerah yang berkaitan dengan regulasi, peningkatan sumber daya manusia dan unsur yang terkait sudah dilakukan agar penggunaan anggaran tepat sasaran.

Oleh karenanya, tambah dia, aparat pada tingkat pelaksana di nagari agar ikuti ketentuan dan jangan main-main dalam penggunaan anggaran nagari karena bisa terjerat hukum karena pemantauan berlapis.***