RSUD Sijunjung Sasar Pelajar SMA Donor Darah, Tingkatkan Kantong Darah

id #donor darah #rsud sijunjung

RSUD Sijunjung Sasar Pelajar SMA Donor Darah, Tingkatkan Kantong Darah

Aksi donor darah (Ist)

Muaro (antara sumbar) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Unit Transfusi Darah Kabupaten Sijunjung menggencarkan aksi sosial donor darah, salah satu upaya menyasar pelajar untuk meningkatkan kantong darah di daerah itu.

Jika sebelumnya dilakukan melalui masyarakat umum, maupun instansi pemerintahan, namun kali ini diselenggarakan untuk tingkat pelajar SLTA. Kegiatan kemanusiaan ini dilaksanakan di lapangan SMA 2 Sijunjung yang berlangsung pada Senin.

Kegiatan ini diikuti ratusan pendonor dari siswa/siswi SMA 2 Sijunjung, antusias pelajar pada hari ini terlihat dari banyaknya siswa yang berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya, tak hanya siswa para guru-gurupun ikut meramaikan kegiatan amal ini.

Untuk para pendonor harus memenuhi kriteria persyaratan seperti siswi yang menstruasi tidak diperbolehkan mendonor, berat badan pendonor harus seimbang dan tekanan darah pendonor harus normal, umur harus diatas 17 tahun, ujar Koordinator pelaksanan donor darah, Bawaihi.

Khusus untuk SMA 2 Sijunjung kegiatan ini sudah menjadi rutinitas sekali tiga bulan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan rasa peduli sesama manusia kepada pelajar.

Saat ini kebutuhan darah di Kabupaten Sijunjung belum terpenuhi. Karena itu pihak RSUD Sijunjung menargetkan perolehan darah sebanyak mungkin agar kebutuhan darah di Kabupaten Sijunjung terpenuhi ujarnya.***