Pasaman Barat Gelar Khitanan Massal Gratis

id KHITANAN MASSAL

Ketua LKKS Pasaman Barat, Yunisra Syahiran berfoto bersama dengan puluhan anak-anak dari keluarga kurang mampu usai melakukan khitanan massal. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan khitanan massal gratis terhadap puluhan anak miskin di Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan.

"Benar, khitanan ini dilakukan oleh Dinas Sosial melalui Lembaga Koordinasi Kesejateraan Sosial (LKKS) Pasaman Barat," kata Ketua LKKS Pasaman Barat, Yunisra Syahiran, Selasa.

Khitanan terhadap 50 anak miskin itu bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.

Selain mengadakan khitanan massal, para anak-anak tersebut juga diberikan kain sarung gratis dan trasportasi.

Ia mengatakan program tersebut diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat di daerah tersebut.

Ia menambahkan bagi orang tua diharapkan dapat mengontrol budi pekerti anak setelah dilakukan khitanan.

"Setelah dikhitan anak-anak harus dikontrol dan dibina termasuk akhlak dan budi pekertinya," ujarnya.

Ia mengimbau kepada para orang tua apabila setelah anak dikhitan mengalami kejanggalan seperti sakit, pendarahan dan sebagainya diharapkan langsung melapor atau membawa ke puskesmas terdekat.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Pasaman Barat, Marimus menambahkan selain khitan massal ini LKKS Pasaman Barat juga memberikan bantuan paket kepada enam panti asuhan yang ada di Pasaman Barat.

Bantuan itu meliputi bantuan perlengkapan sekolah, selimut, handuk, sajadah, mukena, kain sarung, sabun cuci, sikat gigi dan tas ransel bagi anak panti asuhan.

Enam panti asuhan itu adalah panti asuhan Durul Fikri Siduampan Kecamatan Ranah Batahan sebanyak 18 paket, panti asuhan Abdullah Alin Tagak sebanyak 9 paket, panti asuhan Jamaliyah Tamiang Ranah Batahan sebanyak 16 paket, panti asuhan Asiah Talu sebanyak 14 paket dan panti asuhan Baitul Rafki As Sa'diyah Kecamatan Talamau sebanyak 33 paket.

Selain itu untuk panti asuhan Anak Yatim Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang sebanyak 10 paket.

Sementara itu salah satu masyarakat Ranah Batahan Yuli (40) mengucapkan terima kasih kepada Ketua LKKS Pasaman Barat dan Dinas Sosial yang telah melaksanakan khitan massal di daerah tersebut.

"Selama ini kegiatan seperti ini sangat jarang dapat dinikmati masyarakat. Namun akhir-akhir ini keberadaan LKKS Pasaman Barat dan Dinas Sosial sudah sangat dirasakan oleh masyarakat dengan banyaknya kegiatan dan bantuan sosial yang disalurkan," ujarnya.

Khitam massal yang berlangsung di Puskesmas Silaping Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan itu diikuti oleh 50 orang anak dari keluarga kurang mampu.

Setelah melakukan khitan peserta juga diberikan Kain Sarung beserta uang transportasi oleh Ketua LKKS Pasaman Barat Yunisra Syahiran. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar