Juara Bertahan Amir Kolahdozhagh Absen di TdS 2017

id TdS

Juara Bertahan Amir Kolahdozhagh Absen di TdS 2017

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Tanah Datar, (Antara Sumbar) - Juara bertahan Tour de Singkarak, Amir Kolahdozhagh dari Pishgaman Cycling Team Iran dipastikan absen pada kejuaraan itu di Sumatera Barat, 18-26 November 2017 dan kondisi tersebut dinilai tidak akan mengurangi gengsi balapan tersebut.

"Dia (Amir) dan timnya memang tidak turun di sini. Informasi yang kami dapat timnya sudah bubar. Tapi banyak pebalap top yang datang di sini," kata Race Director Tour de Singkarak 2017, Jamaluddin Mahmood di Tanah Datar, Jumat ( 17/11).

Menurut dia, pada balap sepeda edisi kesembilan ini ada 19 tim dalam dan luar negeri yang terlibat. Absennya tim Pishgaman membuat persaingan bakal berlangsung ketat. Apalagi tim Iran yang sebelumnya absen, Tabriz Shahrdary Team kembali turun.

Tim yang akan bersaing adalah United Bike Kencana Indonesia, Terengganu Cycling Team Malaysia, KFC Cycling Team Indonesia, 7 Eleven Filipina, Thailand Continental Cycling Team, Padang Roadbike Bank Nagari, VIB Bikes Bahrain, BRCC Banyuwangi.

Berikutnya Gapyeong Cycling Team Korea, Embarce The World Cycling Jerman, Tabriz Shahrdary Team Iran, Qinghai Tianyoude Cycling Team China, Team Sapura Cycling Malaysia, Bike Life -Dong Nai, Team Procyclingstats.com, CCN Cycling Team Indonesia, PGN Indonesia dan Selection of Wjicf Jepang.

"Juara tiga kali TdS, Ghader Mizbani juga kembali turun. Selain itu ada pebalap tim Sapura Malaysia Victor Nino Corredor hingga Yonnatta Alejandro dan Daniele Colli dari Qinghai Tianyoude yang berpeluang menyodok," kata pria asal Malaysia itu.

Selain pebalap asing, Indonesia saat ini juga sudah mulai bangkit. Terbukti beberapa pebalap nasional sudah mampu menjuarai salah satu etape seperti yang di Ambon maupun Tour de Selangor Malaysia. Hasil tersebut diharapkan bisa diaplikasikan pada Tour de Singkarak.

"Anak-anak semuanya sudah siap. Memang tantangan balapan tahun ini dobel. Hujan akan menjadi tantangan tersendiri. Makanya kami meminta anak-anak bermain aman terutama di etape satu besok," kata manajer KFC Cycling Team, Parno.

KFC Cycling Team merupakan tim asal Indonesia yang saat ini sedang naik daun. Di kejuaraan level 2.2 UCI ini diperkuat oleh enam pebalap yaitu Jamal Hibatulloh, Selamat Juangga, Abdul Ghani, Muhammad Abdurrohman, Imam Arifin dan Agung Ali Syahbana.

Balapan sendiri secara resmi dibuka Istano Basa Pagaruyung yang juga akan menjadi lokasi start etape pertama kejuaraan yang masuk kalender UCI itu, Sabtu (18/11). Pembukaan sendiri dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pariwisata, pemerintah provinsi Sumatera Barat hingga kabupaten Tanah Datar.

"Tujuan utamanya memang untuk mengenalkan destinasi wisata terutama di Sumatera Barat. Berhubung menggandeng sport, maka harus dilakukan secara profesional. Makanya kami menggandeng pak Jamal (Race Director), UCI bahkan pernah menggandeng ASO," katanya.

Balapan UCI dengan level 2.2 akan menempuh jarak lebih dari 1.000 km yang terbaik sembilan etape dan akan dimulai dari Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar dan finis di Bukittingi. Selain untuk prestasi, balapan ini juga salah satu media mengenalkan pariwisata di Sumatera Barat. (*)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar