OPD Sumbar Diminta Promosikan Rendang Terenak

id Nasrul Abit

OPD Sumbar Diminta Promosikan Rendang Terenak

Wagub Sumbar Nasrul Abit (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meminta organisasi perangkat daerah (OPD) membuat program dan kegiatan pendukung yang inovatif guna menindaklanjuti penobatan rendang sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN Travel.

"Ini modal bagus untuk mempromosikan pariwisata Sumbar. OPD terkait harus bisa memanfaatkannya," kata dia di Padang, Selasa.

Menurutnya program yang dibuat bisa saja berupa Festival Kuliner Minang yang kemudian dimasukkan dalam agenda wisata daerah.

Rendang tentu harus menjadi kuliner utama selain kuliner Minang lain yang juga terkenal lezat, seperti dendeng balado, itiak lado hijau dan gulai talua ikan.

Inovasi juga harus dilakukan agar wisatawan tidak hanya bisa mencicipi di Sumbar, tetapi juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh.

Selain itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga harus mulai memikirkan bagaimana kuliner Minang ini tidak hanya menjadi raja di negeri sendiri, tetapi juga bisa melakukan ekspansi ke luar daerah.

"Kemasan tentu harus menjadi salah satu faktor yang harus dibenahi," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi dalam bentuk poster dengan pesan, Rendang itu Enak dan Sehat. Poster itu ditempelkan pada rumah makan Padang di berbagai daerah.

Dinas pariwisata menurutnya juga telah mendaftarkan rendang ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan ditetapkan sebagai Warisan Budaya dan Benda pada tanggal 16 Desember 2013.

"Kita terus mendorong agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat memproses lebih lanjut untuk didaftarkan di UNESCO," katanya.

Rendang juga terus dipromosikan pada setiap kesempata baik di dalam maupun di luar negwri.

"Beberapa waktu lalu photographer Kemenpar sudah mengambil foto kuliner ini untuk dijadikan salah satu ikon pariwisata kuliner Indonesia dan Sumbar," katanya.

Rendang dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia versi CNN Travel 2017. Sebelumnya pada 2011 rendang juga dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. (*)