Kwarcab 0308/ Pasaman Gelar Gladian Pinru dan Karang Pamitran Gudep

id pramuka

Kwarcab 0308/ Pasaman Gelar Gladian Pinru dan Karang Pamitran Gudep

Ilustrasi - (ANTARA TV SUMBAR)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 0308/ Pasaman, menggelar kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Pinru) dan Karang Pamitran Pembina Gugus Depan di 12 Kwartir Ranting (Kwaran) yang ada di daerah itu.

"Kegiatan Gladian Pimpinan Regu ini adalah suatu orientasi kepramukaan dasar yang diadakan dengan tujuan untuk memberikan latihan praktis kepada para pimpinan regu," kata Ketua Kwarcab 0308/ Pasaman, M. Saleh di Lubuk Sikaping, Rabu.

Sementara itu, katanya Karang Pamitran bertujuan untuk menyegarkan kembali kegiatan kepramukaan bagi seluruh pembina Gugus Depan di pangkalannya.

"Di sini pimpinan regu diminta untuk mengelola, memimpin dan membina kerjasama yang baik dan kompak dalam pasukan masing-masing," ujarnya.

Ia menyebutkan kegiatan Gladian Pinru dan Karang Pamitran Pembina Gugus Depan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan di masing-masing Kwaran.

"Materi yang berikan yakni sistem beregu, teknik kepramukaan, Persatuan Baris Berbaris dan keterampilan kepramukaan. Kami berharap seluruh peserta nantinya dapat mengikutinya dengan baik serta dapat mengimplementasikan Trisatya dan Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab 0308/Pasaman Nazri Can mengatakan kegiatan Gladian Pinru dan Karan Pamitran Pembina ini akan dilaksanakan pada Februari hingga Desember 2017.

"Dalam agendanya kegiatan ini akan dilaksanakan setiap bulan mulai Februari hingga Desember 2017 di 12 Kwaran yang ada di Pasaman," ujarnya.

Ia mengatakan yang akan menjadi peserta dalam kegiatan ini yakni seluruh Pramuka Penggalang tingkat SD kelas V dan VI serta SLTP/Sederajad Kelas VII yang ada di daerah itu.

"Masing-masing Gugus Depan mengirimkan anggota 22 orang anggota yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Ditambah satu orang pembina laki-laki dan satu orang pembina perempuan," terangnya.

Sebelumnya Kwarcab 0308/Pasaman juga memfasilitasi kegiatan Jambore Ranting se-Kabupaten Pasaman tahun 2016.

"Alhamdulillah, Jambore Ranting tersebut juga berjalan dengan lancar di 12 Kwaran," katanya. (*)