250 Peserta Hadiri Kegiatan KSB di Dharmasraya

id #Siaga Bencana #Tagana #Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara) Sedikitnya 250 peserta yang terdiri atas personel dari Taruna Siaga Bencana (TAGANA), TNI, POLRI, SKPD, perangkat nagari dan masyarakat yang berlangsung dari 7-9 November 2016 di Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya.

Turut hadir Wakil Bupati Dharmasraya H. Amrizal Datuk Rajo Medan menghadiri acara Peresmian Kampung Siaga Bencana (KSB) di Nagari Tabek Kecamatan Timpeh, Senin.

Wabup dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada Kementrian Sosial RI melalui Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat yang telah menetapkan Kabupaten Dharmasraya sebagai lokasi pembentukan kampung siaga bencana.

Menurut dia, momentum ini merupakan perubahan paradigma penanggulangan bencana yang semula berorientasi kepada tanggap darurat, saat ini menjadi kesiagaan dan mitigasi yang mana dalam penanggulangan bencana diperlukan peran masyarakat dengan bentuk sebuah wadah dengan nama kampung siaga bencana.

Lebih lanjut dikatakannya, melalui wadah kampung siaga bencana ini peran serta dan partipasi masyarakat diorganisir untuk melaksanakan upaya pencegahan dan pengurangan resiko bencana, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya manusia di nagari.

Seperti taruna siaga bencana, pemuda yang terlatih dan mempunyai kepedulian terhadap penanggulangan bencana serta pontensi alam dan sarana atau prasarana yang ada pada masyarakat.

Wabup mengatakan bahwa Kabupaten Dharmasraya memiliki banyak wilayah yang rawan bencana, kerena daerahnya kelilingi oleh bukitbukit dan sungaisungai.

Berdasarkan catatan pada 2016, telah terjadi bencana banjir, angin kancang dan kebakaran di nagari tabek beberapa tahun yang lalu.

Ia berpesan kepada peserta tagana dan relawan lainnya agar mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga menjadi tim satgas bencana yang terlatih.