FWP Harmonisasikan Kemitraan Dewan-Wartawan di Tangerang Selatan

id forum, wartawan, parlemen, padang

Tangerang Selatan, (Antara Sumbar) - Forum Wartawan Parlemen (FWP) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), melaksanakan studi banding ke DPRD Kota Tangerang Selatan dalam rangka pengharmonisan kemitraan antara anggota dewan dan media massa atau wartawan di daerah itu.

"Kegiatan kunjungan ke DPRD Kota Tangerang Selatan ini untuk mengetahui bentuk hubungan kemitraan legislatif dan media massa dalam mengawasi pembangunan daerah," kata Ketua FWP Padang, Dasrul dalam kegiatan studi banding di Tangerang Selatan, Rabu.

Menurutnya, dengan kegiatan studi banding tersebut, tentu dapat diketahui hubungan dewan dengan pers serta menjaga keharmonisan antara kehumasan DPRD setempat dengan wartawan.

"Nantinya akan dibandingkan dengan di Kota Padang. Hal positif yang didapatkan tentu bisa diterapkan pula di Padang," ujarnya.

Kepala Bagian Humas DPRD Padang yang turut hadir dalam studi banding itu, Ermanto menyampaikan kegiatan itu dilaksanakan juga untuk meningkatkan kualitas publikasi FWP Padang di daerah.

"DPRD butuh melibatkan wartawan dalam publikasi kegiatan anggota dewan serta mengawasi pembangunan oleh pemkot. Tentu bisa dipelajari pula dari DPRD Kota Tangerang Selatan," katanya.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Kota Padang, Erisman menyebutkan wartawan tentu melihat perkembangan daerah setiap saat tanpa adanya intervensi dari pihak manapun sehingga dibutuhkan diskusi dengan daerah lain pula.

Sementara Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol DPRD Kota Tangerang Selatan, Tubagus Erhan Faturahman mengatakan pihaknya memahami kinerja anggota dewan serta kehumasan DPRD tidak terlepas dari peran media massa dan wartawan.

Ia mengakui baik atau buruknya kinerja anggota dewan dapat diketahui oleh publik dengam adanya publikasi dari media sehingga pihaknya telah menganggarkan sekitar Rp1,4 miliar termasuk untuk pembuatan buletin di DPRD.

"Begitu pula dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan anggota dewan, tentu mengikutsertakan media massa agar menjadi konsumsi publik," ujarnya.

Kepala Sub Bagian Percepatan Produk Hukum DPRD Kota Tangerang Selatan, Syarifudin menyatakan kegiatan yang dilakukan FWP Kota Padang sebenarnya dapat menjadi inspirasi tersendiri bagi pihaknya untuk dapat meningkatkan publikasi atau pemberitaan kedewanan di daerah itu.

Dalam kegiatan studi banding ke DPRD Tangerang Selatan itu, selain diikuti 27 anggota FWP Padang, namun juga beberapa orang dari kesekretariatan DPRD Padang.

Kegiatan tersebut hanya disambut oleh bagian humas, hukum serta kesekretariaan DPRD Kota Tangerang Selatan dan tidak bisa dihadiri oleh para anggota dewan daerah itu. Hal itu disebabkan anggota DPRD setempat melaksanakan beberapa kegiatan tertentu di luar daerah. (*)