Padang Lokasi KKN Tematik Unand Program 100-0-100

id Padang, KKN tematik, Program 100-0-100

Padang, (Antara Sumbar) - Kota Padang, Sumatera Barat, secara resmi menjadi lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertujuan atau tematik mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Program 100-0-100 kerja sama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) dan Pemerintah provinsi setempat.

"Nantinya Padang akan menjadi percontohan KKN tematik bagi daerah lainnya," kata Ketua BP KKN Unand, Ujang Khairul di Padang, Kamis.

Dia menjelaskan KKN ini berbeda dari yang reguler namun dilaksanakan pada waktu yang sama. Program Kemen PU-PR ini bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dari Dirjen Cipta Karya untuk mewujudkan 100 persen akses air minum, 0 persen pemukiman kumuh, dan 100 persen sanitasi di kota Padang.

Dalam hal ini mahasiswa akan ikut memberikan sumbangsih tenaga maupun pemikiran untuk mewujudkan program tersebut.

"Sebanyak 200 orang mahasiswa pilihan yang ikut dalam KKN tematik tersebut," tambah dia.

Mahasiswa tersebut berasal dari jurusan yang memiliki kaitan erat dengan bidang yang akan dibidangi. Seperti pekerjaan umum oleh mahasiswa Teknik Sipil, masalah sanitasi oleh Teknik Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat, air minum oleh Teknik Lingkungan dan Kimia.

Total ada 10 Fakultas yang ikut dan diterjunkan di 10 kelurahan dan 10 kecamatan se kota Padang.

"Para mahasiswa ini akan KKN selama 40 hari sejak 15 Juni hingga 25 Juli 2016," ujar dia.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN tersebut.

Dia berharap kontribusi mahasiswa tersebut dapat membantu percepatan program 100-0-100 di Padang. Dan program KKN dapat berkelanjutan pada tahun berikutnya. (*)