Sawahlunto Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

id bendera raksasa

Sawahlunto Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

HUT RI ke 70 (Antara)

Sawahlunto, (Antara) - Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) bekerja sama dengan tim Vertical Rescue Merah Putih (VRMP) membentangkan bendera merah putih raksasa berukuran 15 x 9 meter di kawasan Puncak Pari.

Pembentangan bendera dilakukan sebagai rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70 oleh tim yang berjumlah 25 dipimpin langsung Wakil Wali Kota Sawahlunto Ismed pada Kamis.

Rombongan berangkat dari pusat kota menuju Puncak Pari menempuh perjalanan darat sekitar satu jam menggunakan motor trail menempuh medan terjal.

Tiba di lokasi empat orang personel bersiap untuk membentangkan bendera merah putih di tebing bukit yang menghadap ke arah pusat kota pada ketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan laut.

Menggunakan tali empat orang anggota tim mulai melakukan pembentangan secara perlahan dan hati-hati dengan bantuan tali agar bendera terbentang sempurna.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Ismed menyambut baik kegiatan ini karena merupakan salah satu aktivitas positif dari generasi muda memperingati kemerdekaan.

"Ini juga melatih kekompakan tim dalam membentangkan bendera karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi," ujar dia.

Ketua tim Vertical Rescue Merah Putih Sawahlunto Hengki mengatakan bendera kegiatan melibatkan sebanyak 17 pemanjat dengan dibantu para petualang yang tergabung dalam timnya.

Pada peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus, seluruh warga Kota Sawahlunto akan dapat menyaksikan bendera merah putih terbentang di tebing Puncak Cemara, dan akan terlihat jelas oleh seluruh peserta upacara di lapangan Ombilin.

Sementara itu, koordinator lapangan kegiatan Aspil mengatakan pembentangan bendera merah putih berukuran besar itu, merupakan bentuk kecintaan mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah rela berkorban harta dan nyawa demi memerdekakan bangsa.

"Kecintaan itu kami aplikasikan dengan menunjukkan semangat generasi muda yang disimbolkan dalam bentuk pembentangan bendera di tebing curam dan tinggi," kata dia. (*)