Ekspedisi Bukik Gadang dimulai, target pengibaran bendera merah putih raksasa

id Bendera

Ekspedisi Bukik Gadang dimulai, target pengibaran bendera merah putih raksasa

Usai pelepasan balon pertanda dimulai ekspedisi, Wabup Pasaman Atos bersama Asisten dan kepala OPD membentangi bendera merah putih raksasa. (Ist)

Lubuk Sikaping (Antaranews Sumbar) - Ekspedisi Bukik Gadang akan dimulai dalam rangka pengibaran bendera merah putih raksasa dari atas ketinggian bukit pada 17 Agustus 2018.

Hal itu ditandai dengan pelepasan tim pendaki dengan jumlah 21 orang, oleh Wakil Bupati Pasaman, H Atos Pratama, Senin (13/8).

Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengatakan, pengibaran bendera merah putih raksasa merupakan bagian dari perayaan HUT RI ke-73 di kabupaten itu. Pihaknya, kata dia, ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dalam perayaan HUT RI kali ini.

"Ini sejarah dan pertama kali dilaksanakan di Pasaman. Di tahun berikutnya, akan kita buat lagi momen momen yang lebih meriah dalam setiap kali perayaan HUT RI di Kabupaten Pasaman," ucap Atos.

Sebanyak 21 pendaki diterjunkan dalam ekspedisi tersebut. Mereka berasal dari berbagai organisasi berbeda. Mulai dari, anggota TNI dari Kodim 0305 Pasaman, FKPPPI, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) BPBD hingga komunitas pencinta alam.

"Jumlahnya ada 21 orang. Hari ini kita lepas (Kemaren, red). Mereka akan mendaki bukik gadang, hanya untuk mengibarkan sang saka merah putih diatas bukit. Itu akan tampak jelas dari Kota Lubuksikaping," katanya.

Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 0305 Pasaman, Kapten (Arh), S Hari Wiharso, panjang bendera merah putih yang akan dikibarkan dari atas bukit berukuran 12x8 meter. Akan dikibarkan pada 17 Agustus 2018, bersamaan dengan upacara HUT RI dilaksanakan.

"Pada H-1, sebelum 17 Agustus, tim sudah sampai diatas. Bendera akan dikibarkan diatas punggung Bukit Barisan, tepat di atas Kota Lubuksikaping tepat pada peringatan HUT kemerdekaan Republik ini," katanya.

Sejumlah persiapan, kata dia, sudah pula dilaksanakan. Termasuk memberikan pembekalan serta pengetahuan terhadap medan kepada para pendaki. Sebab, sejumlah pendaki masih terbilang amatir.

"Persiapan yang paling penting itu bagi para pendaki adalah, mempersiapkan mental dan fisik serta perbekalan juga logistik," ujar Hari.

Untuk tiba di lokasi bukanlah perkara mudah. Butuh kerja keras dan kekompakan tim. Dia memperkirakan, butuh setengah hari perjalanan untuk tiba di puncak Bukit Gadang.

"Para pendaki akan melewati banyak rintangan, medannya berat. Pendaki akan melintasi delapan lapis bukit. Dengan jarak tempuh sekitar 6 jam. Dari bawah kita pakai Trabas, dilanjutkan jalan kaki," katanya. *