Runway Bandara Pusako Anak Nagari akan Diperpanjang Jadi 1,4 Km

id Pasaman Barat, Runaway, Bandara, Pusako,Anak, Nagari

Runway Bandara Pusako Anak Nagari akan Diperpanjang Jadi 1,4 Km

Ilustrasi. (Antara)

Simpang Ampek, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), merencanakan akan memperpanjang runway Bandar Udara Pusako Anak Nagari dari 800 meter menjadi 1.400 meter.

"Itu merupakan rencana teknis terinci pada 2015 ini. Rencana ini sudah kita usulkan ke Ditjen Perhubungan Udara di Jakarta," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pasaman Barat, Bobby F Riza melalui Plt Kepala Bandara, Eva Wardi Putra, di Simpang Ampek, Kamis.

Ia mengatakan, selain memperpanjang runway, pihaknya juga akan memperlebarnya dari 18 meter menjadi 30 meter, serta mempertebalnya dari 15 centimeter menjadi 25 centimeter.

"Mudah-mudahan nantinya pengusulan rencana teknis terinci ini dapat dikabulkan oleh pihak pemerintah pusat," harapnya.

Ia menyebutkan saat ini bandara itu sudah operasional didarati pesawat Susi Air jenis Cesna berpenumpang 12 orang.

Jika usul itu dikabulkan, maka bandara tersebut akan dapat didarati pesawat jenis ATR dengan kapasitas 72 penumpang.

"Tentunya tim dari pemerintah pusat akan turun ke lapangan melakukan survei dan nantinya melakukan uji kelayakan," katanya.

Selain itu pihaknya juga akan melakukan pengembangan bandara diantaranya peremajaan tower, pagar, penghubung antara runway dengan terminal (taxi way) dan memperluas apron (tempat parkir pesawat).

"Mudah-mudahan pengembangannya akan bisa dilaksanakan mulai 2016 nanti," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini juga telah mengusulkan agar bandara itu pengelolaannya diserahkan ke pihak kementerian.

Ia mengakui pembangunan bandara ini memakan biaya yang cukup tinggi sehingga membutuhkan bantuan pemerintah pusat.

Jika pengelolaannya diambil alih oleh pemerintah pusat maka keuntungannya adalah pembangunannnya akan lancar dan aset melalui dana APBN akan banyak dapat di Pasaman Barat.

"Tentunya proses itu masih panjang dengan berbagai aturan dan syarat yang harus dilengkapi," jelasnya.

Saat ini penerbangan pesawat Susi Air terbang dua kali seminggu di minggu ganjil yakni setiap hari Selasa dan Kamis. Kemudian di minggu genap satu kali seminggu di hari Selasa.

"Selama ini peberbangan cukup lancar. Biaya atau ongkosnya dari Pasaman Barat ke Kota Padang hanya Rp197.500 dengan lama penerbangan sekitar 35 menit," katanya. (*)