Kiprah DPRD Meyalurkan Aspirasi Masyrakat, Satukan Potensi Membangun Padangpanjang

id Kiprah DPRD Meyalurkan Aspirasi Masyrakat, Satukan Potensi Membangun Padangpanjang

Padangpanjang, (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padangpanjang akan terus mendorong upaya percepatan pembangunan di segala bidang, sesuai dengan perannya sebagai mitra pemerintah dalam bidang legislatif. Komitmen dan kerja keras yang dilakukan lembaga itu, telah dirasakan dengan harmonisnya hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

Ketua DPRD Kota Padangpanjang Novi Hendri, SE,M.Si Dt. Bagindo Saidi ketika ditemui di Kantor DPRD setempat menyebutkan, konsistensi DPRD dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, ditunjukan dengan ketatnya pengawasan maupun pelaksanaan kegiatan pembangunan melalui Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) setiap tahunnya.

Bagi lembaga itu, tidak ada alasan untuk tidak mementingkan kebutuhan masyarakat yang dirangkum melalui kegiatan-kegiatan SKPD maupun melalui pembiayaan pusat dan provinsi. Sehingga sasaran pembangunan itu betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Kita tidak ingin, apa yang telah kita rencanakan dan cita-citakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan tidak terlaksana dengan baik, apalagi sampai disalahgunakan, kata Novi Hendri.

Dirinya memiliki keinginan, bagaimana Padangpanjang yang terletak di daerah perlintasan itu bisa menjadi magnet bagi daerah lain. Sehingga apapun bentuk potensi yang dimiliki oleh Padangpanjang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Potensi yang kita miliki sangat banyak sekali, selain bidang pariwisata dan pendidikan. Kita juga memegang peranan penting dalam sektor jasa dan home industry, yang mampu menyerap banyak lapangan pekerjaan. Belum lagi adanya industry kulit yang digerakkan dari hulu hingga hilir, katanya.

Di bidang Pariwisata, Novi Hendri menilai masih banyak yang perlu dibenahi dan dikembangkan, baik pariwisata alam maupun wisata religi. Karena Padangpanjang yang terkenal indah, juga memiliki peranan penting dalam perkembangan Agama Islam di Minangkabau, yang ditandai dengan banyaknya pondok-pondok pesantren dan tempat-tempat keagamaan yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Kita memiliki Masjid Azazi di Sigando yang telah berumur ratusan tahun, Perguruan Diniyah Puteri, Perguruan Thawalib dan Thawalib Gunung. Sehingga Padangpanjang sejak dahulunya dikenal sebagai tujuan pendidikan keagamaan, dengan santri yang berasal dari Nusantara dan Negara tetangga, sebutnya.

Bidang Perekonomian juga tidak kalah penting, Pasar Padangpanjang yang sejak dahulu kalanya menjadi pusat perdagangan di Sumatera bagian Selatan juga menjadi sektor yang cukup menjanjikan dijadikan sentra perekonomian masyarakat. Berbagai daerah di Sumatera Barat dan provinsi tetangga, menjadikan Pasar Padangpanjang sebagai rujukan perkembangan perekonomian, meskipun saat ini tradisi itu telah mulai memudar seiring dengan perkembangan zaman dan pembangunan.

Sejarah itu akan tetap kita pertahankan, berbagai sarana dan prasarana ekonomi kembali kita kembangkan dan tentunya juga butuh dukungan dari masyarakat, sebagai objek pembangunan, jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Eko Furqani, SE,MM juga menyebutkan, program pembangunan yang dilakukan oleh Kota Padangpanjang sangat didukung oleh unsur DPRD. Karena, tampa dukungan bersam, berbagai program pembangunan yang dilaksanakan mustahil dapat diwujudkan.

Kita bersama-sama pihak eksekutif telah menyatukan persepsi, untuk bersama-sama mewujudkan pembangunan yang menyeluruh, adil dan sejahtera bagi seluruh masyarakat tampa memandang ras, suku dan agama, jelasnya.

Eko menyebutkan, semua program pembangunan yang telah dilakukan hendaknya mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat Padangpanjang. Karena, tampa dukungan seluruh elemen masyarakat mustahil program pembangunan yang telah diprogramkan bisa berhasil dilaksanakan.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Hanif Suman. SH menilai, pentingnya masukan-masukan dan kritikan dari masyarakat terhadap program pembangunan yang telah dilakukan maupun yang akan direncanakan untuk masa yang akan datang. Sehingga, apa yang telah diprogramkan, betul-betul sesuai dengan keinginan dan aspirasi masyarakat.

Jangan sampai masyarakat hanya menjadi penonton dari berbagai program pembangunan yang kita laksanakan, karena bagaimanapun juga, program yang kita lakukan akan bermuara untuk kepentingan masyarakat juga, sebutnya.

Menyongsong peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padangpanjang ke-222 pada 1 Desember 2012, DPRD Padangpanjang melihat masih banyak yang perlu dibenahi dalam merencanakn dan melaksankan program pembangunan. Hal ini tentu tidak terlepas dari aspirasi dan masukan-masukan yang disampaikan masyarakat ke lembaga tersebut.

Masih banyak yang perlu kita benahi, baik program pendidikan, kesehatan dan peningkatan perekonomian masyarakat. Meskipun saat ini sudah berjalan dengan baik dan telah mampu meningkatkan kesejhteraan masyarakat. Tetapi, ada program-program yang perlu penyempurnaan agar bisa diimplementasikan lebih masksimal, kata Novi Hendri.

Hal itu, tentu tidak lepas dari hasil kunjungan lapangan yang dilakukan oleh Komisi I, Komisi II dan Komisi III terhadap program yang telah dilaksanakan oleh masing-masing SKPD sebagai pelaksana kegiatan. (***)