Trophi Adhikarya Bakti Praja Diarak Keliling Agam......(Nama Lipsus) Pariwara Nagari Simarasok Kecamatan Baso Raih Juara I Lomba Nagari Berpestasi Tingkat Pusat

id Trophi Adhikarya Bakti Praja Diarak Keliling Agam......(Nama Lipsus) Pariwara Nagari Simarasok Kecamatan Baso Raih Juara I Lomba Nagari Berpestasi Tin

Lubukbasung, Sumbar, (ANTARA) - trophi Adhikarya Bakti Praja yang berhasil diraih Nagari Simarasok Kecamatan Baso Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada nagari berpestasi tingkat nasional Minggu (14/8).

Arak-arakan ini melibatkan semua Musyawarah Daerah (Muspida), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan lembaga terkait lannya dengan panjang lebih kurang lima km.

Sebelum trophi ini diarak, Bupati Agam Indra Catri dan semua rombongan menjemput ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) semenjak pukul 7:30 WIB dan tepat pada pukul 8:00 WIB, trophi kebanggaan masyarakat Kabupaten Agam mendarat yang langsung dibawa oleh Walinagari Simarasok Tasli, didampinggi Camat Baso I Putu Venda dan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari Kabupaten Agam Edi Busti.

Sesampai di BIM, dilakukan acara penyerahan trophi secara simbolis oleh Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno kepada Bupati Agam Indra Catri.

"Saya berharap ini dapat dipertahankan oleh Kabupaten Agam dan ini akan menjadi percontohan untuk nagari dan kelurahan se-Sumbar," kata Irwan Prayitno kepada antara-sumbar.com, Jum'at (19/8).

Setelah penyerahan secara simbolis, trophi ini langsung dibawa oleh anggota Satpol PP Kabupaten Agam menggunakan mobil Rescue milik Dinas Sosial dan Trasmigrasi Kabupaten Agam.

Rencananya trophi ini akan diarak ke Kecamatan Tanjung Mutiara, Lubukbasung, Tanjungraya, Matur, Ampek Koto, Banuhampu, Sungai Pua sampai Kecamatan Baso dengan iringan puluhan kendaraan roda empat.

Setiba di Kabupaten Agam, penyambutan trophi tingkat nasional kedua dari Kabupaten Agam oleh warga sangat hangat, karena disepanjang jalan terlihat warga yang melambaikan tanggannya.

Pada kesempatan itu, Bupati Agam Indra Catri mengatakan, ini merupakan kebangaan warga Kabupaten Agam, karena dari sekitar 900 nagari atau desa se Indonesia, Simarasok keluar sebagai juara pertama di tingkat pusat.

Ini harus dipertahankan, karena Kabupaten Agam telah berhasil meraih penghargaan ini sebanyak dua kali pada tahun 2009 yang direbut oleh Nagari Sungai Pua Kecamatan Sungai Pua. (ari)