Padang (ANTARA) -
Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker) tahunan pada Kamis hingga Jumat, 24-25 Oktober 2024, yang bertempat di Auditorium Unbrah dan beberapa lokasi sidang komisi. Acara ini dihadiri oleh 83 peserta yang terdiri atas rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan, ketua program studi, ketua unit, kepala biro, dan kepala lembaga di lingkungan Unbrah. 
 
Ketua panitia kegiatan Raker Unbrah 2024 yakni Wakil Rektor II Drs. Darman, M.Si, Akt mengatakan Raker ini merupakan langkah dari Unbrah untuk melakukan evaluasi dari kinerja pada program yang telah dijalankan sekaligus menjadi penyusunan dari rencana program di tahun 2025 mendatang.
 
Mengusung tema "Penguatan Tata Kelola Menuju Universitas Unggul," Raker ini bertujuan menguatkan kualitas tata kelola di seluruh bidang, termasuk sumber daya manusia, sebagai upaya Unbrah untuk menuju pencapaian universitas unggul, dengan salah satu langkah konkret yaitu memperluas kerja sama internasional.
 
Raker ini dibuka dengan rapat pleno di Auditorium pada hari pertama, yang fokus pada evaluasi dan realisasi kegiatan sepanjang tahun 2024 serta perencanaan program untuk tahun 2025. Acara dimulai dengan presentasi dari beberapa program studi, yakni S1 Manajemen, S1 Kewirausahaan, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Administrasi Rumah Sakit, dan Profesi Kebidanan. Sesi kedua melanjutkan presentasi dari Prodi DIV Keperawatan Anestesiologi, DIII Radiologi, DIII Kebidanan, dan S1 Kebidanan. Kemudian sesi ketiga diisi oleh Prodi S1 Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, S1 Farmasi Klinis, S1 Pendidikan Dokter Gigi, dan Profesi Dokter Gigi.
 
Sesi keempat melibatkan tiga biro, yaitu Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Biro Administrasi Umum (BAU), serta Biro Humas dan Kerjasama yang masing-masing memaparkan evaluasi dan rencana programnya. Pada sesi kelima, giliran Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran (LP3M), Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK), Unit Pusat Karir dan Konseling (P2K2), dan Unit USR-KKN menyampaikan evaluasi serta program kerja mereka. Diskusi pada hari pertama berlangsung terbuka dan interaktif dengan masukan aktif dari peserta raker.
 
Pada hari kedua, sidang komisi berlangsung di empat lokasi berbeda, diawali dengan briefing oleh Sekretaris Kegiatan, Jemkhairil, M.Ag. Bidang I akademik mengadakan sidang di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, bidang II keuangan dan sarana prasarana di Ruang Sidang Rektorat, bidang III kemahasiswaan di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), dan bidang IV kelembagaan di Ruang Sidang Fakultas Kedokteran Gigi (FKG). Hasil sidang komisi ini kembali diplenokan di Auditorium Unbrah setelah Zuhur, sebagai langkah finalisasi dari program yang telah dibahas.
 
Sementara itu dalam penyampaiannya di sela kegiatan, Rektor Unbrah, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S menyampaikan apresiasi atas antusiasme peserta raker yang aktif dalam menyampaikan program, mengevaluasi, hingga merencanakan kegiatan ke depan. “Raker kali ini jauh lebih baik karena peserta cukup aktif. Semoga antusiasme ini terus berlanjut hingga visi dan misi Unbrah dapat tercapai,” ungkapnya.
 
Melalui Raker ini, Unbrah berharap dapat menguatkan posisi sebagai institusi pendidikan yang unggul dan siap bersaing di tingkat internasional. Selain penguatan tata kelola, pengembangan kerja sama luar negeri diharapkan mampu membuka kesempatan bagi mahasiswa dan dosen Unbrah untuk mengikuti program internasional, seperti pertukaran pelajar, penelitian kolaboratif, dan pelatihan profesional.
Rapat Kerja (Raker) tahunan Unbrah. (ANTARA/ist)
Evaluasi kegiatan selama tahun 2024 menunjukkan kemajuan signifikan di berbagai sektor, seperti peningkatan kualitas pendidikan, efisiensi operasional, dan perluasan infrastruktur. Program kerja yang direncanakan untuk tahun 2025 mencakup peningkatan fasilitas belajar, pengembangan kapasitas dosen, digitalisasi layanan kampus, dan program pengabdian masyarakat yang lebih inovatif.
 
Dengan semangat sinergi dan kolaborasi yang tinggi di antara para peserta raker, Unbrah optimis dapat mewujudkan visi untuk menjadi universitas unggul yang diakui tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional. Rektor berharap langkah-langkah strategis yang dirumuskan dalam Raker ini akan membawa perubahan positif dan mendukung kualitas pendidikan yang semakin baik bagi para mahasiswa.
 
*“Kami semua bertekad untuk menjadikan Unbrah sebagai universitas yang membanggakan, yang menghasilkan lulusan berkualitas dan siap menghadapi tantangan global. Dengan tata kelola yang kuat dan dukungan seluruh elemen kampus, kami yakin tujuan ini dapat tercapai,” tutup Prof. Musliar Kasim.
 
Kegiatan raker diakhiri dengan sesi foto bersama dan pengambilan video promosi sebagai penutup resmi acara.*

Pewarta : Ril/Ant
Editor : Miko Elfisha
Copyright © ANTARA 2024