Padang (ANTARA) - Penampilan randai dari sanggar seni Talang Sarueh SMKN 7 Padang menarik perhatian penonton pada gelaran Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2024 di Taman Budaya Sumatera Barat, di Padang, Kamis.

"Penampilan randai ini bagus, apalagi pemainnya dari anak-anak SMK, tidak menyangka bisa sebagus ini seperti seniman biasanya," kata seorang penonton, Rudi, di Padang, Kamis.

Randai Palimo Gaga yang dimainkan sekitar satu jam itu tidak hanya membuat kagum penonton, namun juga mengundang gelak tawa karena adanya adegan dan dialog komedi yang ditampilkan.

Randai itu menceritakan tentang seorang penguasa yang angkuh, sombong dan merasa dirinya sebagai orang yang bisa memiliki semua keinginannya dengan kekuasaan dan kekayaan yang dia miliki. 

Palimo Gaga merupakan sebuah cerita fiktif rakyat yang diangkat melalui kesenian teater tradisional MInang randai. 

Sanggar seni SMKN 7 ternyata sudah lama berkecimpung di dunia seni dan diundang ke sejumlah daerah untuk menampilkan karyanya, salah satunya pernah diundang ke istana negara pada tahun 2007.

Kepala UPTD Taman Budaya Sumatera Barat, Supriyadi mengatakan, penampilan randai merupakan salah satu dari pertunjukan komunitas sekolah yang ditampilkan pada PKD Sumatera Barat hingga sepekan ke depan.

Pertunjukan ini, kata dia, merupakan fasilitas kepada pelaku seni kreatif untuk mengembangkan potensi entrepreneurship di bidang kebudayaan yang sekaligus meningkatkan akses kepada masyarakat untuk memanfaatkan ekonomi kreatif di Sumatera Barat. 

Sejumlah pelaku seni budaya ikut berpartisipasi dan tampil pada PKD Sumbar tahun ini untuk tampil pada pertunjukan seni tradisi dari Kab/Kota Se-Sumatera Barat sampai komunitas atau sanggar seni. (*)

Pewarta : Iggoy el Fitra
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024