Bank Nagari Raih 3 Penghargaan di Ajang PRIMA Award 2024

id Bank Nagari, tiga reward, qris

Bank Nagari Raih 3 Penghargaan di Ajang PRIMA Award 2024

Direktur Keuangan Bank Nagari Roni Edrian menunjukkan penghargaan yang diterima dalam ajang Prima Award 2024, di Bali.  (ANTARA/HO)

Bali (ANTARA) - Bank Nagari terus menunjukkan keunggulan yang mendapat apresiasi berupa penghargaan bergengsi. Tak tanggung-tanggung, kali ini bank daerah kebanggaan Sumatera Barat (Sumbar) kembali meraih 3 penghargaan sekaligus pada ajang PRIMA Award 2024 kolaborasi dengan Info Bank dalam Awarding Night bertajuk “The Best Digital Transaction 2024”, di The Meru Hotel Sanur, Bali, Kamis (24/10).

Tiga penghargaan yang dibawa pulang Bank Nagari yakni Platinum Award - Best Acquirer Bank (All Features), atau bank dengan volume transaksi acquirer tertinggi berdasarkan kelompok bank. Kemudian, Platinum Award - Best Issuer Bank, atau bank dengan volume transaksi issuer tertinggi berdasarkan kelompok bank.

Selanjutnya, yang ketiga, Platinum Award - Best Acquirer Bank (ATM), atau bank dengan volume transaksi acquirer ATM tertinggi berdasarkan kelompok bank.

Penghargaan diterima langsung oleh Roni Edrian, Direktur Keuangan Bank Nagari, yang diserahkan oleh Suryono Hidayat selaku Wakil Presiden Direktur PT. Rintis Sejahtera (RINTIS) dan Eko B. Supriyanto selaku Chairman InfoBank Group.

Usai menerima penghargaan, Roni Edrian menyampaikan, Alhamdulillah Penghargaan ini merupakan pengakuan atas kinerja dan prestasi bagi Bank Nagari sekaligus juga sebagai komitmen Bank Nagari dalam memberikan layanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Terimakasih kepada seluruh nasabah setia Bank Nagari dan semua pihak yang telah memberikan dukungan menjadikan Bank Nagari sebagai pilihan utama dalam bertransaksi perbankan.

Semoga ini akan menjadi inspirasi, motivasi dan semangat kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah dan masyarakat" ungkap Roni Edrian.

Sementara itu, merespons 3 penghargaan bergengsi tersebut, secara terpisah Gusti Candra, Direktur Utama (Dirut) Bank Nagari menyampaikan terima kasih kepada para pemegang saham, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar), Kabupaten dan Kota, serta Koperasi Konsumen Keluarga Besar Bank Nagari.

“Dan, tak lupa juga terima kasih dan apresiasi kepada seluruh manajemen, karyawan, karyawati Bank Nagari atas kerja keras selama ini dalam memberikan dan meningkatkan layanan transaksi keuangan kepada seluruh nasabah dan masyarakat Sumatera Barat,” ungkap Gusti Candra bangga.

PRIMA Award merupakan forum penghargaan yang dirancang untuk memberikan apresiasi secara mendalam kepada bank atau Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) terpilih, yang telah digelar sejak 2018. Adapun dasar pemberian penghargaan tersebut adalah hasil rating Digital Transaction Jaringan PRIMA hasil kerja sama PT Rintis Sejahtera dan Biro Riset InfoBank.

PRIMA Awards 2024 dibuka oleh Wakil Presiden Direktur RINTIS Suryono Hidayat, dilanjutkan oleh Chairman InfoBank Media Group Eko B. Supriyanto yang memaparkan metodologi penentuan pemenang sebelum prosesi penyerahan award.

Menurut Suryono, tujuan PRIMA Award 2024 ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada bank dan PJP atas kontribusi dalam implementasi layanan pembayaran digital yang aman, efisien, andal, dan inklusif kepada masyarakat.

Ia menyebutkan, PRIMA Award merupakan rangkaian dari kegiatan “PRIMA Executive Gathering 2024” yang menghadirkan lebih dari 90 bank dan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) terpilih.

Ada dua agenda utama dalam acara bertema “Leveraging Collaboration

for Optimal Performance and Cyber Resilience” tersebut, yakni PRIMA Executive Meeting dan PRIMA Award.

“Tema ‘Leveraging Collaboration for Optimal Performance and Cyber Resilience’ merefleksikan langkah proaktif industri Sistem Pembayaran Nasional untuk terus mendukung keberlanjutan disain mikro teknis dan implementasi Blueprint SPI (BSPI) 2025 – 2030 yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia, dan meningkatkan efektivitas langkah-langkah persiapan bersama,” ungkap Suryono.

Ia juga menyampaikan, bahwa implementasi BSPI 2025 terbukti menjadi game changer. Digitalisasi pembayaran melaju cepat dan merata, dari pusat hingga daerah, kota hingga desa, usaha besar hingga mikro.

“Adopsi QRIS, misalnya, berhasil menjangkau 34,2 juta merchant yang 92,5% adalah UMKM. Melansir World Bank, inclusion rate kita menyentuh 53% setelah bertahun-tahun tertahan 49%,” kata Suryono mengutip data Bank Indonesia.

Hasil positif tersebut, lanjut dia, adalah buah kerja keras regulator – industri – pemerintah dan segenap pemangku kepentingan, bersama-sama bergotong royong dalam mewujudkan BSPI 2025.

Agenda besar pada rangkaian acara ini, yaitu menghadirkan ahli yang akan mengulas dan memberikan sharing pada sesi International Best Practice. Diawali dengan Welcome Speech & PRIMA Service Update oleh Presiden Direktur RINTIS Iwan Setiawan, di lanjutkan dengan Keynote Opening Speech oleh Director of Payment System Policy Department Bank Indonesia Ryan Rizaldy.

Sesi berikutnya paparan Framework & Objective of PRIMA Executive Meeting 2024 oleh Wakil Presiden Direktur RINTIS Abraham J. Adriaansz. Di sesi International Best Practice dan Panel Discussion 1 menghadirkan tiga ahli di bidang payment system, yakni Head of Product & Scheme ConnectID Rick Iversen, CEO HiTRUST Roger Kuo, dan Managing Director IDEMIA Mehdi Elhaoussine.

Baca juga: Bank Nagari Raih 2 Penghargaan Bergengsi, Dirut Gusti: Bukti Kami Terus Berikan Pelayanan Terbaik

Pada Panel Discussion 2 menghadirkan narasumber Director BCA Santoso Liem, President Director Allo Bank Indra Utoyo, CEO DANA Indonesia Vincent Henry Iswaratioso, dan Executive Vice President BRI Dhoni Ramadi. Acara ini juga menghadirkan Deputi Gubernur Senior Destry Damayanti yang memberikan Keynote Closing Speech.