Ombudsman Sumbar tinjau pelaksanaan tes CPNS Kemenkumham

id Ombudsman Sumbar

Ombudsman Sumbar tinjau pelaksanaan tes CPNS Kemenkumham

Asisten Muda Dua Ombudsman Sumbar Meilisa Fitri Harahap saat meninjau pelaksanaan tes CPNS Kemenkumham di Padang, Sumatra Barat (Sumbar) pada Selasa (22/10). ANTARA/FathulAbdi

Padang (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) meninjau pelaksanaan tes bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham di Padang, pada Selasa (22/10).

"Peninjauan ini bertujuan untuk melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan tes CPNS Kemenkumham di Sumbar, hasilnya cukup bagus," kata Asisten Muda Dua Ombudsman Sumbar Meilisa Fitri Harahap di Padang, Selasa.

Ia mengatakan dalam peninjauan itu pihaknya beserta tim menyisir setiap alur yang dilalui oleh para peserta ujian dari proses registrasi hingga masuk ke ruangan ujian.

Menurutnya alur yang disiapkan oleh panitia sudah cukup jelas dan tertata sehingga memudahkan para peserta untuk melakukan proses registrasi.

Selain itu panitia juga melakukan pengawasan secara berlapis di proses registrasi, bahkan pemeriksaan tubuh untuk mengantisipasi praktik-praktik kecurangan.

Kemudian juga ada ruang sterilisasi yang menjadi pintu terakhir sebelum peserta masuk ke dalam ruangan ujian, dari sana tidak ada lag8 yang boleh masuk kecuali peserta dan petugas pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Dari sisi sarana dan prasarananya juga bagus karena tidak ada kendala jaringan maupun listrik yang mengganggu pelaksanaan ujian peserta," jelasnya.

Lebih lanjut Meilisa mengatakan jumlah peserta yang mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham di Sumbar mencapai 23.000 orang.

Pada sisi lain, ia juga mengapresiasi kemudahan yang diterapkan oleh panitia kepada peserta ujian yang merupakan ibu hamil atau berkebutuhan khusus.

"Ini menjadi hal yang penting supaya ibu hamil atau yang berkebutuhan khusus tidak perlu mengantre dan berdiri lama selama menjalani proses registrasi," katanya.

Hanya saja Ombudsman Sumbar memberikan masukan kepada pihak penyelenggara ujian agar menambah kanal pengaduan di lokasi ujian.

Meilisa mengatakan Ombudsman Sumbar masih terus melakukan peninjauan ujian CPNS di Sumbar, karena saat pembukaan CPNS bukan hanya dari Kemenkumham.

Ia menyebutkan ada empat titik pelaksanaan ujian yang sedang berlangsung di Sumbar dari Kementerian atau lembaga lainnya.

Sementara itu Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumbar Ramelan Suprihadi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pelaksanaan tes secara maksimal.

Berbagai sistem dan upaya diterapkan di lokasi demi mengantisipasi kecurangan sekaligus memudahkan akses kepada ribuan peserta ujian CPNS.

"Persiapan yang kami lakukan itu untuk menjamin bahwa ujian SKD CPNS Kemenkumham di Sumbar dilaksanakan secara jujur dan transparan, pihak luar juga kami libatkan untuk mengawasi," kata Ramelan selaku Ketua Panitia Daerah CPNS Kemenkumham.

Menurutnya dalam satu hari ada empat sesi ujian yang dilaksanakan, jumlah peserta dalam setiap sesinya sebanyak 490 orang.

Ujian SKD sudah mulai dilaksanakan di kawasan Kampus Universitas Putera Indonesia (UPI) YPTK Padang sejak Sabtu (19/10) hingga 30 Oktober mendatang.