Wujudkan satu data Indonesia, nagari di Tanah Datar diminta untuk upgrade data statistik

id satu data Indonesia, nagari di Tanah Datar

Wujudkan satu data Indonesia, nagari di Tanah Datar diminta untuk upgrade data statistik

Sosialisasi dan Bimtek statistik bagi perangkat nagari dan kecamatan di Kabupaten Tanah Datar (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Seluruh perangkat nagari (desa) di Kabupaten Tanah Datar diimbau untuk selalu mengupgrading atau memperbarui data statistik yang ada di nagari setempat.

Staf Ahli Bupati Tanah Datar Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Agusril di Batusangkar Selasa, mengatakan karena nagari merupakan muara dari semua data yang akan disampaikan ke pemerintah pusat.

"Untuk mewujudkan satu data Indonesia, data itu bermuara kepada nagari, termasuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), data Kependudukan, KB dan banyak lagi yang perubahannya semua ada di nagari," kata dia.

Dia mengatakan, untuk memperoleh data tersebut sangat diperlukan perbaikan tata kelola data, yang dimulai dari pemerintahan terdepan yakni nagari dan kecamatan.

Dengan harapan akan menghasilkan Kabupaten Tanah Datar menuju satu data indonesia sesuai amanat perpres nomor 39 tahun 2019.

"Sehingga nagari juga menjadi subjek, bahkan ujung tombak pembangunan di Tanah Datar dan Indonesia," kata dia.

Agusril mengatakan, pada sosialisasi dan bimtek statistik bagi nagari dan kecamatan tersebut perangkat nagari dan kecamatan lebih paham statistik dan dapat melahirkan komunitas cinta statistik.

"Sehingga nagari dan kecamatan dapat bertransformasi menjadi subjek pembangunan dan mampu menjawab permasalahan yang sedang terjadi serta program-program yang ditawarkan pemerintah menjadi tepat sasaran," kata dia.

Sekertaris Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Datar Lovely Harman mengatakan kegiatan sosialisasi dan bimtek statistik bagi nagari dan kecamatan tersebut diikuti tiga kecamatan dan 14 nagari.

"Diharapkan dengan sosialisasi dan bimtek tersebut menghasilkan nagari yang mandiri dan mampu menyelenggarakan statistik di nagari," kata dia.