Tim FKEP UNAND gandeng Puskesmas PAUH edukasi pencegahan penyakit kronis

id Unand, pengabdian, keperawatan, sman 9 padang

Tim FKEP UNAND gandeng Puskesmas PAUH edukasi pencegahan penyakit kronis

Foto bersama usai kegiatan edukasi dan skrining di SMAN 9 Pauh Padang. (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Tim Pengabdian Masyarakat Departemen KMB/KGD Fakultas Keperawatan UNAND kolaborasi dengan Puskesmas PAUH telah mengambil langkah nyata dengan melaksanakan kegiatan skrining dan edukasi kesehatan di SMA N 9 Padang pada 24 September 2024.

Meningkatnya kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) dan penyakit kronis di kalangan remaja semakin menjadi perhatian khusus bagi dunia kesehatan.

Sejalan dengan hal tersebut, upaya deteksi dini melalui skrining kesehatan dan pemberian edukasi menjadi langkah strategis untuk mencegah dan mengelola faktor risiko PTM yang juga sebagai salah satu program kerja Kementerian Kesehatan saat ini.

Tim Pengabdian Masyarakat Departemen KMB/KGD Fakultas Keperawatan UNAND telah mengambil langkah nyata dengan melaksanakan kegiatan skrining dan edukasi kesehatan di SMA N 9 Padang pada hari Selasa, 24 September 2024.

Kegiatan ini melibatkan Puskesmas Pauh Kota Padang dan pihak sekolah yang merupakan salah satu mitra strategis Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

Tim bersama-sama turun ke sekolah melakukan kegiatan skrining dan edukasi pencegahan penyakit Kronis pada siswa. Skrining yang dilakukan berupa pendeteksian risiko penyakit Kardiovaskular dan Diabetes Mellitus.

Setiap siswa dilakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, penghitungan indeks masa tubuh, pengukuran tekanan darah, kadar hemoglobin darah (HB), kadar gula darah, deteksi merokok, tingkat aktifitas fisik yang dilakukan, dan pertanyaan terkait kesehatan anggota keluarga yang ada dalam kartu pemeriksaan.

Program skrining ini tidak hanya difokuskan pada pemeriksaan kesehatan fisik semata, tetapi juga mencakup edukasi kepada siswa tentang pentingnya menjalani gaya hidup sehat.

Para siswa diberi pemahaman mengenai pentingnya berolahraga secara rutin, menjaga pola makan sehat, dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperburuk kesehatan, seperti merokok dan begadang, dan bagaimana mengelola stress.

Siswa juga diminta untuk mengisi kuesioner terkait pemahaman mereka tentang pencegahan penyakit kronis.

Selama kegiatan berlangsung, antusiasme para siswa terlihat cukup tinggi. Mereka mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan dengan penuh semangat dan juga menunjukkan ketertarikan pada materi edukasi yang disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat yang juga merupakan dosen di Departemen KMB/KGD Fakultas Keperawatan Unand yang terdiri dari: Ns. Devia Putri Lenggogeni, M.Kep, Sp.Kep.MB sebagai ketua pelaksana, Prof. Hema Malini, S.Kp., MN., PhD., Dr. Emil Huriani, S.Kp, MN., Dr. Reni Prima Gusty, S.Kp, M.Kes., Esi Afriyanti, S.Kp, M.Kes., Ns. Tiurmaida Simandalahi, M.Kep., Elvi Oktarina, M.Kep, Ns, Sp.Kep.MB.,Ns. Leni Merdawati, S.Kep, M.Kep, PhD.,Ns. Fitri Mailani, M.Kep., Ns. Rahmi Muthia, M.Kep., Ns. Mulyanti Roberto Muliantino, M.Kep., Ns. Boby Febri Krisdianto, M.Kep., Ns. Dally Rahman, M.Kep, Sp.Kep.MB serta 8 mahasiswa keperawatan yang turut dilibatkan.

Dra. Enny Sasmita, M.Pd Selaku kepala sekolah SMA N 9 Kota Padang berharap kegiatan dan mitra kerja sama ini terus dilaksanakan ke depannya.

“Kegiatan dan Kerjasama ini sangat positif sekali, program ini sangat penting untuk terus dilaksanakan, kami berharap selain siswa, staf dan guru yang ada di SMA ini juga dilakukan skrining, kami akan menantikan itu”, ujar Kepala Sekolah. (Penulis: Ns. Tiurmaida Simandalahi, M.Kep & Tim.Departemen Keperawatan Medikal Bedah & Keperawatan Gawat Darurat Fakultas Keperawatan Universitas Andalas).