Pemkot Padang-Ruang guru kerja sama majukan pendidikan

id ruang guru, pemkot padang, andree algamar

Pemkot Padang-Ruang guru kerja sama majukan pendidikan

Pj Wali Kota Padang Andree Algamar menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Ruangguru. (ANTARA/HO-Pemkot Padang)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat melakukan kerja sama dengan PT Ruang Raya Indonesia yang mengelola layanan aplikasi belajar secara daring, Ruangguru, dalam upaya memajukan pendidikan di daerah itu.

Nota kesepahaman kerja sama ditandatangani Penjabat Wali Kota Padang Andree Algamar dan Head Oficer Ruang Guru Richard Christy PN di Kantor Ruang Guru di Jakarta, Selasa.

Andree dihubungi dari Padang, Selasa, mengatakan nota kesepahaman terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pemanfaatan teknologi untuk pendidikan tersebut bertujuan lebih memajukan pendidikan Kota Padang pada era digital.

"Sebagai barometer pendidikan di Sumatera Barat, kita ingin pendidikan di Kota Padang semakin maju lagi. Ruangguru adalah mitra strategis kami. Semoga dengan MoU ini banyak hal positif yang kita dapatkan untuk kemajuan pendidikan nantinya," katanya.

Ia optimistis dengan pemanfaatan teknologi akan terjadi peningkatan kemampuan SDM, baik guru, siswa, maupun pegawai di Kota Padang.

"Untuk tahap awal kerja sama ini kita fokus untuk pemanfaatan coding (pemrograman komputer) dalam proses belajar mengajar. Ini akan semakin mengukuhkan Kota Padang sebagai Smart City," ujarnya.

Ia berharap, dengan kerja sama tersebut para guru dan siswa di Kota Padang menjadi lebih kreatif, sesuai visi Kota Padang yang dalam RPJMD 2019-2024, “Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan, dan Pariwisata Unggul serta Berdaya Saing".

Richard Christy menyambut baik kerja sama dengan Pemkot Padang.

Pihaknya siap mendukung Pemkot Padang melalui program pendidikan yang berbasis teknologi digital.

Ia menjelaskan sebagai tahap awal dari tindak lanjut penandatanganan nota kesepahaman, akan dimulai dari perjanjian kerja sama antara pihaknya bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang dalam Program Pelatihan Coding.

"Setelah itu kerja sama dapat dikembangkan dengan Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang untuk pengembangan SDM pegawai serta dengan Dinas Kominfo untuk pemanfaatan teknologi AI dan bidang-bidang lainnya sesuai kebutuhan," katanya.