Shin: Timnas Indonesia percaya diri hadapi Australia

id shin taeyong,timnas indonesia,kualifikasi piala dunia,indonesia versus australia

Shin: Timnas Indonesia percaya diri hadapi Australia

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) dan bek Justin Hubner memberikan pernyataan pada konferensi pers prapertandingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (9/9/2024). (ANTARA/Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan skuadnya percaya diri menghadapi Australia pada laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (10/9), meski perbedaan kualitas kedua kesebelasan cukup lebar.

"Australia saat ini berada di peringkat 24 FIFA, sementara Indonesia di 133. Jadi pertandingan besok tidak mudah tetapi kami tim yang pantang menyerah," ujar Shin dalam konferensi pers pra-pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin.

Juru taktik asal Australia itu menyebut, fisik anak-anak asuhnya terus membaik setelah menahan imbang Arab Saudi 1-1 pada laga pertama Grup C di Jeddah, Jumat (6/9) dini hari WIB.

Bukan cuma fisik, performa pertandingan Ragnar Oratmangoen dan kawan-kawan pun disebut Shin bertambah baik lantaran diasah di pertandingan versus Arab Saudi.

"Laga melawan Arab Saudi itu juga sulit sebenarnya untuk kami. Namun, dengan kerja keras, kami mampu mendapatkan poin," kata dia.

Terkait Australia, Shin Tae-yong menilai sang lawan memiliki kualitas pemain yang merata. Oleh sebab itu, dia menegaskan timnas Indonesia memberikan perhatian khusus kepada semua personel Australia.

Indonesia, dia menambahkan, akan bermain kolektif baik dalam menyerang maupun bertahan.

"Kami memohon dukungan dari masyarakat Indonesia," kata Shin.

Apa yang disampaikan Shin senada dengan bek tim nasional Indonesia Justin Hubner.

Justin, yang tidak berlaga kontra Arab Saudi karena menjalani sanksi akumulasi kartu kuning, menyatakan timnas Indonesia tidak takut berhadapan dengan tim mana saja termasuk Australia.

"Kami sudah bersiap dengan baik dan akan melakukan apa saja untuk menundukkan Australia. Kami akan berjuang dan lihat saja hasilnya besok," ujar dia.

Indonesia akan menghadapi Australia pada laga lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9), mulai pukul 19.00 WIB.

Pertandingan itu akan menjadi laga kedua untuk kedua tim di kualifikasi tersebut. Pada laga pertama, Indonesia menahan imbang tuan rumah Arab Saudi 1-1 dan Australia ditekuk tim tamu Bahrain dengan skor 0-1.

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat klasemen dengan satu poin sementara Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di bawah peringkat satu Jepang (enam poin), kedua Bahrain (enam poin) dan ketiga Arab Saudi (satu poin). Di posisi kelima dan keenam ada Australia dan China dengan nol poin.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Shin: Timnas Indonesia percaya diri hadapi Australia