Ribuan warga antarkan Ramlan-Ibnu Asis daftar Pilkada Bukittinggi

id Pilkada Bukittinggi,Ramlan-Ibnu Asis

Ribuan warga antarkan Ramlan-Ibnu Asis daftar Pilkada Bukittinggi

Ribuan warga mengiringi proses pendaftaran Ramlan Nurmatias dan Ibnu Asis untuk mengikuti Pilkada Bukittinggi 2024 (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Ribuan warga mengantarkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias-Ibnu Asis mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Massa terlihat memenuhi Taman Jam Gadang sejak Kamis (29/8) pagi dan mendeklarasikan pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Ramlan-Ibnu kemudian diantarkan bersama tokoh adat dan simpatisan lainnya ke KPU dengan rombongan yang berjalan memenuhi seluruh Jalan Minangkabau, Pasar Atas, Bukittinggi.

"Luar biasa. Terimakasih dan bangga kepada seluruh perwakilan masyarakat, lembaga dari semua kalangan yang mengantarkan. Kami diantar langsung ke KPU untuk memberikan semangat maju di Pilkada," kata Ramlan.

Ramlan mengaku harus maju Pilkada berkat arahan dari tokoh adat serta kecintaannya terhadap Kota Bukittinggi.

"Tadinya saya tidak ingin maju. Bagi saya yang penting adalah pemimpin yang amanah dunia akhirat. Akhirnya saya maju karena cinta kampung halaman serta desakan ninik mamak yang merasa keberatan dan ketersinggungan," kata Ramlan.

Menurutnya, Kota Bukittinggi harus berkeadilan di semua lini dengan memenuhi semua hak dan kewajiban yang sama.

"Pusat kehidupan kota ada di pariwisata, semua lini akan mati jika wisata tidak digerakkan maksimal. Mengembalikan kepercayaan masyarakat butuh perjuangan," kata dia.

Ia menegaskan perlu komitmen, dana dan dukungan masyarakat untuk melaksanakan program pembangunan.

"Saya siap adu ide dengan seluruh calon lainnya, tapi bukan adu isu yang hanya akan memecah belah. Kami tidak akan curang tapi juga tidak mau dicurangi," kata Ramlan.

Ramlan Nurmatias merupakan mantan Wali Kota Bukittinggi periode 2016-2021 dan menjadi Ketua Partai Demokrat di daerah setempat.

Sementara Ibnu Asis merupakan Ketua PKS Bukittinggi dan berpengalaman hingga empat periode di legislatif sebagai Anggota DPRD Bukittinggi.

KPU Bukittinggi menerima pendaftaran Ramlan-Ibnu dan menyatakan status diterima.

"Kami sudah menerima dan meneliti dan dinyatakan status diterima pendaftaran dari pasangan calon Ramlan Nurmatias dan Ibnu Asis. Selanjutnya dilakukan proses lanjutan termasuk pemeriksaan kesehatan hingga pengundian nomor urut," kata Ketua KPU Bukittinggi, Satria Putra.