Pemkot Padang terima Piagam UHC program JKN

id UHC, Padang, Sumbar,Padang

Pemkot Padang terima Piagam UHC program JKN

Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar menerima Piagam Penghargaan UHC yang diserahkan Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar menerima piagam penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 kategori Madya yang diserahkan langsung Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal Abdullah.

Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia diterima Andree Algamar saat meresmikan Taman Inisiatif BPJS Kesehatan di Jalan Sisingamangaraja Kelurahan Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, Kamis.

"Penghargaan ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kota Padang dalam menyediakan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat," katanya.

Menurutnya, penghargaan itu juga memberikan semangat pada Pemkot Padang untuk meningkatkan program dan kualitas pelayanan kesehatan.

"Program ini tentu berdampak positif pada pelayanan kesehatan bagi masyarakat Padang," katanya.

Pemkot Padang, melalui program-program yang terintegrasi menyediakan layanan kesehatan yang inklusif.

BPJS Kesehatan membantu dalam memperluas cakupan dan meningkatkan kualitas layanan, sehingga dapat dinikmati oleh 99,37 persen masyarakat Kota Padang.

Menurutnya, ke depan Pemkot Padang terus mengupayakan agar 100 persen masyarakat di daerah itu bisa terkover oleh JKN, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa mendapatkan layanan kesehatan karena alasan biaya.

Andree mengungkapkan pemugaran Taman Inisiatif Sisingamangaraja dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kualitas ruang terbuka hijau di Kota Padang. Berfungsi sebagai tempat rekreasi dan sebagai elemen penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal menjelaskan UHC merupakan pencapaian dari sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga memiliki akses yang merata terhadap pelayanan kesehatan.

"BPJS Kesehatan akan terus berinovasi dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama memastikan terwujudnya perlindungan kesehatan menyeluruh bagi seluruh penduduk Indonesia, dengan layanan yang mudah, cepat, dan setara,” sebutnya.