40 Anggota DPRD Pasaman Barat 2024-2029 resmi menjabat

id DPRD Pasbar

40 Anggota DPRD Pasaman Barat 2024-2029 resmi menjabat

Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat Ade Satriawan saat mengambil sumpah dan janji 40 anggota DPRD periode 2024-2029, Senin (19/8/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat (ANTARA) - Sebanyak 40 orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat periode 2024-2029 resmi diambil sumpah dan janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat Ade Satriawan, Senin.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri di Simpang Empat, Senin, saat menghadiri pengambilan sumpah dan janji DPRD saat membacakan sambutan menteri dalam negeri pada kabupaten kota masa jabatan 2024- 2029 mengucapkan selamat pada anggota DPRD Pasaman Barat hasil Pemilu 2024.

Bangsa Indonesia, katanya, dapat membuktikan Indonesia sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai demokrasi sehingga dapat melaksanakan 13 kali pemilu dengan tertib dan lancar.

"Terima kasih pada KPU, Bawaslu, dewan kehormatan, Pemkab Pasaman Barat pihak keamanan, media, serta masyarakat yang saling bekerjasama mensukseskan pemilu dengan nuansa demokratis.

DPRD merupakan bagian integral dari Pemkan yang berkarakter dan memiliki corak tersendiri. Dalam menjalankan tugas, DPRD diawasi penegak hukum dan lembaga pengawas.

Ia juga menjelaskan fungsi DPRD. Dimana fungsi tersebut dibagi menjadi tiga, diantaranya sebagai fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi penyusunan anggaran serta pengawasan.

Selaku perpanjangan tangan masyarakat, sesuai fungsinya DPRD diharapkan dapat mengedepankan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan.

"Tetap kedepankan kepentingan masyarakat. Berbuatlah dan mengabdilah untuk masyarakat," ujarnya.

Ketua DPRD Pasaman Barat sementara Dirwansyah mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang telah berpartisipasi pada Pemilu 2024.

Ia juga mengucapkan terima kasih pada anggota DPRD Pasaman Barat periode 2019- 2024.

"Terima kasih juga kepada Pemkab Pasaman Barat dan kepada seluruh pihak terkait sehingga Pemilu 2024 lalu berjalan aman dan terkendali," katanya.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan selamat pada anggota DPRD Pasbar periode 2024-2029 yang baru saja dilantik dengan agenda khusus pengucapan sumpah dan janji.

Ia juga mengucapkan terimakasih atas dedikasi pimpinan dan anggota DPRD periode 2019-2024.

Ia juga meminta anggota dewan yang baru saja dilantik agar memaksimalkan peran mengawal Pilkada 2024.

"Kita minta juga anggota dewan yang baru dilatih agar mengawal Pilkada 2024 dari persiapan hingga pelantikan sesuai peraturan perundang undangan berlaku," katanya. ***2***