PLN hadir bersama anak, jaringan listrik Padang - Painan bersih jelang tahun ajaran baru

id PLN, potong pohon, jaringan listrik

PLN hadir bersama anak, jaringan listrik Padang - Painan bersih jelang tahun ajaran baru

Tim Yantek PLN UP3 Padang, bersih bersih dahan pohon yang mengganggu jaringan listrik di kawasan jalur Padang-Painan. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang lakukan Gotong royong (Goro) Bersama penebangan pohon di sekitar jalur Lintas Padang - Painan. Tepatnya di sekitar Pantai Nirwana Kota Padang, perbukitan Bungus Teluk Kabung, dan di sekitar Teluk Bayur.

Goro Bersama dilakukan oleh pegawai PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Indarung, unit kerja di bawah koordinasi PLN UP3 Padang, Tim Right of Way (ROW) Pelayanan Teknik (Yantek) Haleyora Power Area Padang, kemudian perangkat Kecamatan Bungus dan perangkat Kelurahan Bungus.

Lebih dari 30 orang personil dari PLN dan perangkat kecamatan dan kelurahan tersebut turun langsung melakukan penebangan pohon, pembersihan dahan dan ranting pohon, serta pembersihan benda-benda asing dekat jaringan listrik.

Wilsriza, Manager PLN UP3 Padang mengatakan, Goro Bersama ini merupakan kolaborasi untuk meningkatkan keandalan listrik jelang masuknya tahun ajaran baru di sekolah-sekolah. Kegiatan bersama ini harapannya mendukung maksimalnya aktivitas belajar mengajar di sekolah-sekolah di Kota Padang yang akan mulai beraktivitas kembali.

‘’Selain demi keandalan jaringan masyarakat secara umum, kegiatan ini menjadi kontribusi PLN pada dunia pendidikan. Karena PLN hadir bersama anak nasional, PLN berperan pada berbagai upaya peningkatan pendidikan anak di Sumbar, seperti memastikan jaringan listrik bersih jelang tahun ajaran baru sehingga suplai listrik ke sekolah-sekolah aman dan andal,’’ lanjut Wilsriza.

Peningkatan keandalan jaringan melalui pembersihan jaringan seperti penebangan pohon di sekitar jaringan merupakan kegiatan rutin PLN UP3 Padang. Pembersihan jaringan penting untuk menjaga ROW atau Right of Way, yaitu jarak aman dari jaringan listrik. Regu ROW meliputi tim Yantek bersama tim PLN yang berkolaborasi serentak melakukan inspeksi sekaligus eksekusi pembersihan jaringan.

Eri Darman, Manager PLN ULP Indarung mengatakan, lokasi Goro Bersama hari ini adalah lokasi berisiko gangguan pasokan jaringan listrik jika akibat ranting pohon atau benda asing lainnya. ‘’PLN gencar melakukan pembersihan dahan dan ranting di sekitar sini karena banyak pohon yang berjarak dekat dari jaringan PLN. Kami juga mengantisipasi satwa kera di lokasi ini jangan sampai masuk ke jaringan PLN,’’ jelas Eri.

Apalagi, tambah Eri, belajar mengajar akan segera dimulai dan PLN ingin proses belajar mengajar disambut dengan jaringan listrik yang bersih sehingga suplai listrik tetap prima.

‘’Terima kasih atas dukungan seluruh perangkat nagari. Semoga kerjasama kita dan kerja cerdas dari Tim ROW PLN meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat sekitar dengan suplai listrik yang andal,’’ sambung Eri.*