Open Turnamen Sepak Takraw Setia Baru Cup IV resmi ditabuh

id Bupati Pasaman, Sabar AS

Open Turnamen Sepak Takraw Setia Baru Cup IV resmi ditabuh

Pembukaan open turnamen sepak takraw Setia Baru Cup IV Kampung Setia Baru Nagari Sundata Selatan, Kecamatan Lubuk Sikaping, Jumat kemarin.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, Sabar AS membuka secara resmi open Turnamen Sepak Takraw Setia Baru Cup IV yang diselenggarakan oleh pemuda Kampung Setia Baru Nagari Sundata Selatan, Kecamatan Lubuk Sikaping, Jumat kemarin.

Hadir pada pembukaan Kadis Parporabud, Camat Lubuk Sikaping, Kaban Kesbangpol atau yang mewakili, Kadis Kominfo atau yang mewakili, Ketua Koni, Ketua Cabang Olah Raga Sepak Takraw Kabupaten Pasaman, Wali Nagari Sundata Selatan dan para undangan lainnya.

Bupati Sabar AS mengucapkan apresiasi kepada panitia pelaksana yang menggelar turnamen Sepak Takraw antar Club dan berharap bisa berlanjut ke turnamen yang lebih besar lagi.

"Acara ini terlaksana bukti dukungan dan kekompakan dari masyarakat Kampung Setia Baru. Kami sangat mengapresiasi, semoga akan melahirkan pesepak takraw yang handal dan bisa mengharumkan nama daerah nantinya,” kata Sabar AS.

Sabar AS berharap lewat turnamen ini bisa belajar disiplin dan sportivitas, serta manfaatkanlah turnamen ini sebagai ajang persahabatan dan menjalin silaturrahmi.

“Jadi permainan yang fair merupakan sikap mental yang menunjukkan martabat ksatria pada olahraga yang melandasi pembentukan sikap dan perilaku. Mari sekarang kita menengok tujuan untuk meningkatkan sportivitas serta mencegah diskriminasi dalam permainan olah raga,“ jelas Sabar AS.

Sabar AS menjelaskan tentang bagaimana cara menerapkan perilaku sportivitas dalam pertandingan olah raga diantarannya pertama, mengakui kekalahan dengan lapang dada, kedua tidak berbuat curang dan ketiga, meminta maaf jika berbuat salah.

“Dalam pertandingan tentu ada tim yang kalah ada pula tim yang menang, maka sangat perlu menjujung tinggi sportifitas, tidak perlu emosi kalau kalah, tidak perlu ngeyel-ngeyelan soal bola masuk atau keluar lapangan dalam satu pertadingan, semua serahkan keputusannya kepada wasit, kalah menang itu wajar, kalau semua harus menang ya tidak mungkin,” terangnya.

"Kepada PSTI Pasaman agar dapat menurunkan tim seleksi untuk memantau atlet sepak takraw dari setiap club peserta open turnamen Sepak Takraw ini untuk dibina lebih lanjut guna memperkuat tim sepak takraw Kabupaten Pasaman untuk Iven Iven tingkat daerah maupun nasional", imbuhnya.

Disamping itu, Sabar AS juga memaparkan sejumlah program yang tengah dan akan dilanjutkan pembangunanya di Kabupaten Pasaman.

"Program pembangunan Pasaman seperti Pendidikan gratis dan Pengobatan gratis, Pasaman Berimtag serta peningkatan ekonomi melalui pengembangan pariwisata, pertanian, perikanan, maupun pembangunan infrastruktur/jalan secara bertahap, Program ini akan kita teruskan ke depannya," kata Sabar AS.

Bupati Pasaman Sabar AS menyerahkan bantuan kepada Ketua Pelaksana Open Turnamen Sepak Takraw Kampung Setia Baru berupa uang senilai Rp7,500,000,-.

Ketua Koni Kabupaten Pasaman, Tommy Irawan Sandra yang hadir saat itu mengatakan bahwa Atlit sepak Takraw Kabupaten Pasaman sudah ada yang 'Go Nasional' yaitu atlit dari Ampang Gadang Kecamatan Panti.

Tommy berharap kepada panitia pelaksana jangan berhenti dan teruslah berupaya ke depan untuk menggelar Iven yang sangat baik ini secara terus menerus.

"Sehingga akan lahir talenta - talenta atlet sepak takraw Kabupaten Pasaman untuk mampu berprestasi di tingkat Sumbar nanti," ungkap Tommy.

Tokoh masyarakat Afrinaldi, S.Sos., mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada Bupati Pasaman Sabar AS atas kehadirannya di Kampung Setia Baru dalam rangka membuka secara resmi open turnamen Sepak Takraw antar Club ini, dan berpesan kepada masyarakat semoga bisa menyukseskan open turnamen sepak takraw yang dilaksanakan oleh pemuda Setia Baru.

"Olahraga menjadi salah satu aspek yang dapat mempersatukan banyak elemen masyarakat. Tidak hanya sebagai hiburan, olahraga juga menjadi ajang prestasi dan karir khususnya bagi anak muda," kata Naldi.

Ketua Panitia Pelaksana, Ardian Saputra melaporkan bahwa open turnamen Sepak Takraw ini adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahunnya, yang pembiayaannya bersumber dari swadaya masyarakat Kampung Setia Baru.

Tujuannya, di samping memasyarakatkan olahraga sepak takraw, juga mencari bibit pemain takraw yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Pasaman di tingkat Nasional maupun di tingkat Internasional.

"Peserta sampai saat dibukanya Open Turnamen ini sudah mendaftar sebanyak 25 team yang berasal dari Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat, tidak tertutup kemungkinan ada Club yang mendaftar disaat pertandingan sedang berjalan," jelasnya.