Hujan deras, Pemkot Bukittinggi alihkan Sholat Idul Adha di Masjid Kodim

id Pemkot Bukittinggi ,Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Bukittinggi,Wali Kota Erman Safar

Hujan deras, Pemkot Bukittinggi alihkan Sholat Idul Adha di Masjid Kodim

Wali Kota Erman Safar dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Bukittinggi. Pemerintah daerah setempat mengalihkan ibadah ke dalam masjid karena cuaca hujan (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar Shalat Idul Adha 1445 H Tahun 2024, di Masjid Al- Hanif Kodim 0304/Agam, Senin (17/6). Pelaksanaan ibadah hari raya ini dialihkan ke dalam masjid karena kondisi hujan di daerah setempat.

Shalat Id ini diikuti langsung oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Forkopimda Kota Bukittinggi serta beberapa warga.

Sebelumnya pemerintah daerah setempat selalu menggelar Shalat di Lapangan Wirabraja dengan diikuti ribuan orang jamaah.

Bertindak sebagai khatib adalah Jelita Donal, Sedangkan shalat diimami oleh Imam Darul Asfani.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar menyebutkan tahun ini tercatat sebanyak 859 ekor sapi dan 60 ekor kambing yang dikurbankan oleh masyarakat Kota Bukittinggi.

"Semoga semangat berkorban dapat menginspirasi dan meningkatkan keimanan, kepedulian serta kesholehan sosial dan momentum yang berharga ini mengajarkan kita tentang kesabaran, ketekunan, dan pengorbanan yang menjadi landasan dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan berkah," kata Erman.

Khatib Idul Adha 1445 Jelita Donal dalam khutbahnya menyampaikan bagi umat Islam, hari raya idul adha bukan sekadar perayaan hari besar keagamaan.

Idul Adha mengajarkan kaum muslim tentang hakikat ketaatan kepada perintah Allah SWT.

"Keteladanan yang ditunjukkan Nabi Ibrahim dan Ismail serta Siti Hajar dalam menjalankan perintah Allah SWT memberikan begitu banyak pelajaran bagi yang mampu menggali maknanya," katanya.