SMP Negeri 4 Sawahlunto Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Berdayakan Potensi Seni

id SMP Negeri 4 Sawahlunto,Pemkot Sawahlunto

SMP Negeri 4 Sawahlunto Tingkatkan Mutu Pendidikan dan Berdayakan Potensi Seni

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Sawahlunto Muharror Walad dan Kepala Dinas Pendidikan Sawahlunto Asril berfoto bersama tim tari kreasi sekolah itu yang berhasil meraih medali emas tingkat nasional pada OSEBI 2024. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - SMP Negeri 4 Sawahlunto, Sumatera Barat menyandingkan peningkatan mutu pendidikan dengan peningkatan prestasi dari potensi seni dan olahraga siswa.

Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Sawahlunto Muharror Walad, di Sawahlunto, Minggu menyampaikan peningkatan tersebut telah terbukti dengan keberhasilan prestasi yang diraih sekolah tersebut sampai ke tingkat nasional.

"Kami bersama guru-guru berkomitmen bagaimana selain mengoptimalkan bidang akademis, juga bisa memberdayakan potensi seni. Alhamdulillah sudah terlihat hasilnya, seperti rapor mutu pendidikan yang selalu naik dan tari dari anak-anak kita yang tembus jadi juara di FLS2N tingkat nasional," kata dia.

Ia mengatakan pihaknya menghadapi berbagai tantangan atau kendala dalam mewujudkan berbagai pencapaian tersebut dengan kebersamaan yang solid dari internal guru dan tenaga kependidikan di sekolah serta dukungan dari lingkungan luar sekolah seperti orang tua/wali murid dan masyarakat sekitar.

Dia menceritakan awalnya salah satu kendala yang dihadapi adalah mindset (pola pikir) siswa yang belum percaya diri dan lebih berfokus pada keterbatasan daripada peluang/solusi.

"Kami beruntung memiliki guru-guru yang cinta pada aktifitas mendidik siswa, jadi mereka menganggap mendidik bukan hanya sebagai sebuah kewajiban atau formalitas belaka. Sehingga mampu melakukan inovasi dalam upaya pendekatan terhadap siswa," kata dia.

Menurut Muharror Walad, dari pendekatan-pendekatan tersebut terpantau dan terpetakan masing-masing siswa memiliki minat dan bakat di bidang apa saja. Sehingga kemudian segera bisa diberdayakan bakat siswa tersebut dengan mengoptimalkan bimbingan dan latihan.

"Untuk prestasi tingkat nasional yang telah dicapai SMP Negeri 4 Sawahlunto dalam beberapa tahun belakangan ini yaitu ; pada Tahun 2022 meraih medali emas FLS2N dari cabang festival tari kreasi, kemudian pada Tahun 2024 ini meraih medali emas OSEBI dari cabang tari kreasi," ujar dia merinci.

Sementara untuk bidang akademis, Muharror Walad menyampaikan rapor mutu pendidikan di sekolah itu selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Rapor pendidikan sekolah ini indikator penilaiannya terdiri dari beberapa poin, yakni ; kemampuan numerasi murid, karakter murid, kondisi keamanan sekolah, kondisi kebhinekaan sekolah, kualitas pembelajaran dan kemampuan literasi murid. Alhamdulillah dari semua indikator itu SMP Negeri 4 Sawahlunto selalu memperoleh peningkatan signifikan," katanya.

Ia menyebut di bidang keagamaan yakni Tahfidz Quran, kemudian di bidang olahraga dan Pramuka, sekolah tersebut juga rajin mencapai beragam prestasi.

"Dari sisi kekuatan guru, kami diperkuat oleh total sebanyak enam orang guru penggerak. Ditambah ada dua orang guru kami yang telah mengikuti program Indonesia Teaching Fellowship (ITF) dari Ruang Guru," katanya.

Diungkapkan Muharror, total enam orang guru penggerak itu membuat SMP Negeri 4 Sawahlunto berada di urutan pertama persentase SMP dengan guru penggerak terbanyak di Tingkat Kota Sawahlunto.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Asril menyebut SMP Negeri 4 Sawahlunto sangat berpotensi melaju semakin baik ke depannya baik dari kualitas siswa maupun guru.

"Tahun ini dengan sejumlah prestasi sampai ke tingkat nasional yang dicapai, maka SMP Negeri 4 Sawahlunto memperoleh bonus dana BOS Prestasi senilai total Rp140 juta. Hal ini membuktikan perjuangan guru dan murid dalam meraih prestasi kini mulai memanen hasil yang manis," kata dia.

Ia juga memuji Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Sawahlunto Muharror Walad yang sudah tercatat lolos menjadi fasilitator sekolah penggerak, mencerminkan sekolah itu kini dikomandoi oleh pemimpin yang berkualitas dan bisa diandalkan.

"Dinas Pendidikan terus memberi perhatian dan dukungan pada SMP Negeri 4 ini. Sejumlah program yang selaras dengan kebutuhan sekolah ini juga kita sinkronkan," katanya.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran guru, tenaga kependidikan dan seluruh siswa SMP Negeri 4 Sawahlunto tersebut.

"Kami memonitor perkembangan sekolah tersebut, bisa diperhatikan ini pergerakan yang sangat bagus dan perlu kita dukung bersama. Pihak sekolah sudah semangat dan kompak dalam berupaya meningkatkan kinerja dan prestasi, maka pemerintah tentu siap membantu memfasilitasi agar kinerja tersebut berjalan lancar dan berkelanjutan," kata dia.

Ia menyebut Pemkot Sawahlunto segera meningkatkan dukungan pada sekolah itu, antara lain dengan menyinkronkan berbagai kebijakan dan program di bidang pendidikan, mengundang siswa-siswi berprestasi untuk tampil di iven/kegiatan kota, dan lain-lain.