Polres Pasaman Barat tangkap pelaku pedofilia

id Tangkap pelaku pedofilia

Polres Pasaman Barat tangkap pelaku pedofilia

Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Pasaman Barat saat menangkap pelaku pedofilia yang diduga melakukan persetubuhan dengan anak di bawah umur di perumahan PT. Bakrie Pasaman Plantation (BPP) Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur, Kamis (6/6/2024). Antara/HO-Humas Polres Pasaman Barat. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Satuan Reskrim Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat menangkap pelaku pedofilia inisial NF (38) terhadap anak di bawah umur berusia 17 tahun di perumahan PT. Bakrie Pasaman Plantation (BPP) Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur.

"Pelaku kita tangkap setelah adanya laporan keluarga korban. Pelaku menyetubuhi korban ketika masih berusia 15 tahun sebanyak dua kali," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Pasaman Barat AKP Fahrel Haris di Simpang Empat, Minggu.

Menurutnya kejadian tersebut berawal saat korban AW masih berusia 15 tahun. Perbuatan keji tersebut dilakukan oleh pelaku pada Kamis (22/9/2022) yang lalu sekitar pukul 00.30 WIB dini hari di komplek perumahan PT. BPP Nagari Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur.

Berdasarkan pengakuan pelaku, perbuatan pelaku sudah dua kali dilakukan terhadap korban.

"Pertama, pada minggu kedua bulan September 2022 di lapangan voli komplek perumahan PT. BPP. Sedangkan untuk kedua kalinya sekitar pada minggu ketiga bulan September 2022 di rumah kerabat yang sedang melangsungkan acara pesta pernikahan," ujarnya.

Peristiwa ini terungkap ketika melihat adanya kejanggalan dan perubahan sikap terhadap korban yang sering melamun dan menyendiri.

Kemudian kedua orang tua mendesak korban untuk menceritakan apa yang terjadi pada diri korban.

"Setelah korban bercerita kepada kedua orang tuanya, ayah korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pasaman Barat," sebutnya.

Ia menjelaskan pelaku merupakan tetangga satu komplek perumahan di PT. BPP Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur.

Pelaku juga merupakan karyawan PT. BPP Nagari Sungai Aua yang sudah bekerja selama lebih kurang empat tahun.

"Berdasarkan laporan ayah korban dan kondisi psikis anak setelah diperiksa oleh ahli psikolog korban masih dalam keadaan normal dan mampu menceritakan kejadian yang pernah dialaminya. Keterangan si anak layak dipercaya," jelasnya.

Ia menyebutkan modus yang dipakai pelaku dalam menjalankan aksinya adalah dengan cara membujuk dan merayu korban serta diiming-imingi sejumlah uang kepada korban setiap melakukan persetubuhan.

Berdasarkan surat perintah penangkapan Nomor: Sp.Kap/47/VI/2024/Reskrim tanggal 6 Juni 2024 dan dengan bukti permulaan yang cukup, tim Opsnal Satreskrim Polres Pasaman Barat berhasil meringkus pelaku NF di perumahan PT. BPP Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aur pada Kamis (6/6).

Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolres Pasaman Barat untuk proses hukum lebih lanjut.

Atas perbuatannya, penyidik dari unit PPA Satreskrim menjerat pelaku dengan Pasal 81 ayat 2 Jo Pasal 82, Jo Pasal 76 D, 76 E Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polres Pasaman Barat tangkap pelaku pedofilia