Bappeda : Lembah Anai butuh flyover antisipasi jatuhnya korban nyawa saat bencana

id Medi Iswandi,Banjir Bandang,Lembah Anai,Flyover,Jalan Layang,Jemnatan Layang,Sumbar,Tanah Datar,Padang,Wisata Air

Bappeda : Lembah Anai butuh flyover antisipasi jatuhnya korban nyawa saat bencana

Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi. ANTARA/Miko Elfisha.

Padang (ANTARA) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumatera Barat, Medi Iswandi menyebutkan jalan nasional di Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar yang terputus akibat banjir bandang membutuhkan flyover atau jembatan layang.

"Kalau kita merujuk pada sejarah, kawasan itu sudah empat kali rusak parah akibat bencana banjir bandang. Artinya, ke depan potensi bencana itu masih bisa terjadi dan bisa memakan banyak korban jiwa, karena itu diperlukan flyover di daerah itu sebagai langkah antisipasi," katanya di Padang, Jumat.

Medi menjelaskan, berdasarkan penelusuran, kawasan Lembah Anai pernah luluh lantak oleh banjir bandang pada tahun 1892, kemudian pada 1903, lalu pada 2021, dan terakhir pada 11 Mei 2024.

"Bencana banjir bandang yang terakhir terjadi adalah pada malam hari saat lalu lintas kendaraan sudah mulai sepi. Demikian juga dengan Taman Wisata Air di lokasi itu, sudah tutup. Itupun korban jiwa sudah banyak. Tidak dapat dibayangkan bila terjadi pada siang hari saat kondisi ramai. Entah berapa ratus nyawa yang berpotensi jadi korban," katanya.

Ia menyebut data Dinas Perhubungan Sumbar, setiap hari lalu lintas kendaraan yang melewati jalur itu mencapai 12-14 ribu. Jika terjadi bencana saat lalu lintas padat, akan sangat berbahaya.

Ia menilai persoalan di Lembah Anai bukan lagi hanya menyangkut bencana yang dapat merusak infrastruktur, tetapi bencana yang berpotensi merenggut banyak nyawa.

Karena itu kebutuhan flyover di Lembah Anai sudah menjadi kebutuhan yang mendesak.

"Kita di Indonesia memandang keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi -salus populi suprema lex- dan keselamatan jiwa-jiwa adalah hukum yang utama -salus animarum suprema lex- yang harus dijamin oleh negara dan diwujudkan nilai-nilainya oleh lembaga-lembaga negara dan pemerintahan," katanya.

Menurutnya, jika flyover yang cukup tinggi dibangun di kawasan itu, maka walaupun terjadi bencana, setidaknya tidak akan merenggut korban jiwa.

Sejalan dengan hal itu, kata Medi, keberadaan Taman Wisata Air di kawasan itu juga sangat tidak laik dan harus dihentikan secara total.

Ia mengatakan, kebutuhan akan flyover itu telah disampaikan oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi kepada Presiden Joko Widodo saat meninjau bencana di Sumbar.

"Gubernur juga sudah menyurati Presiden Joko Widodo secara resmi," katanya.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bappeda : Lembah Anai butuh flyover antisipasi bahaya banjir bandang