Sebanyak 347 Personel Satpol PP Berjibaku Gotong Royong di Lokasi Bencana

id Satpol PP,Sumbar, bencana

Sebanyak 347 Personel Satpol PP Berjibaku Gotong Royong di Lokasi Bencana

Anggota Satpol PP se-Sumbar gelar gotong royong bantu korban bencana. (ANTARA/Satpol PP)

Padang (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) turunkan 347 personil gotong royong bersihkan material bekas banjir bandang dan lahar dingin. Pembersihan dilakukan pada empat titik pada tiga kabupaten dan kota.

"Kita turunkan personel untuk membantu korban banjir bandang dan lahar dingin. Karena masyarakat membutuhkan bantuan. Banyak rumah warga yang masih tertimbun material,"sebut Kepala Satpol PP Sumbar, Irwan, Jumat (17/5/2024).

Dikatakannya, gotong royong dilaksanakan pada Kamis tanggal 16 Mei 2024. Dilaksanakan selama satu hari penuh, mulai dari pukul pagi hingga sore.

Kegiatan dilaksanakan pada 4 titik di 3 Kabupaten/Kota. Di Tanah Datar digelar di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum. Pada daerah ini yang bertugas adalah Satpol Sumbar, Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman, Satpol PP dan Damkar Kota Sawahlunto, Satpol PP Kota Padang, Damkar Kota Padang dan Satpol PP dan Damkar Tanah Datar

Kemudian, di Jorong Panti Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan. Pada daerah ini yang bertugas Satpol PP Kota Bukittinggi, Satpol PP dan Damkar Kab. Padang Pariaman, Satpol PP dan Damkar Kab. Sijunjung, Satpol PP dan Damkar Kab. Tanah Datar.

Untuk di Kabupaten Agam, gotong royong dilaksanakan di Jorong Galuang, Nagari Sungai Pua, Kab. Agam. Di sini bertugas Damkar Kota Bukittingi dan Satpol PP dan Damkar Agam.

Kemudian di Kota Padang Panjang gotong royong di fokuskan pada tempat wisata Lubuak Mato Kuciang Kota Padang Panjang. Di daerah ini yang bertugas Satpol PP dan Damkar Kota Padang Panjang.

"Kita bagi-bagi daerah gotong royong, agar pembersihan dapat serentak satu hari,"ulasnya.

Pada kegiatan itu, personil Satpol PP membersihkan rumah warga. Termasuk fasilitas umum, seperti Masjid, Mushola, Sekolah, Puskesmas, Jalan.

Dari pengerjaan ada 8 rumah yang dibersihkan, dua masjid/mushola, satu jalur irigasi, jalan raya Parambahan dan Kantor Nagari Parambahan.

Tim juga ikut menyisir Sungai Lona tempat terjadinya galodo mulai dari Parambahan sampai Rambatan. Selain itu, Satpol PP juga melakukan penyuluhan dan sosialisasi dengan korban bencana.

"Kebetulan masih ada 1 korban yang belum ditemukan. Kegiatan berlangsung dalam situasi aman dan terkendali sampai selesai,"ungkapnya.

Personil yang terlibat terdiri dari, Satpol Sumbar 45 personil, Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman 30 Personil, Satpol PP dan Damkar Kota Sawahlunto 3 Personil, Satpol PP Kota Bukittinggi 25 Personil, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Padang Pariaman 24 Personil.

Ditambah Satpol PP Kota Padang 38 Personil, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sijunjung 7 Personil. Damkar Kota Bukittinggi 25 personil, Damkar Kota Padang 30 Personil, Satpol PP dan Damkar Tanah Datar 30 personil, Satpol PP dan Damkar Kab. Agam 30 personil, Satpol PP dan Damkar Kota Padang Panjang sebanyak 50 personil.(*)