Jalan Padang - Bukittinggi via Malalak kembali bisa dilewati

id jalur Malalak Kabupaten Agam ,berita agam,berita sumbar,jalan Silaiang Lembah Anai terputus total

Jalan Padang - Bukittinggi via Malalak kembali bisa dilewati

Kondisi terkini jalur Malalak Kabupaten Agam yang menjadi pilihan utama jalan lintas Sumbar-Riau setelah ruas jalan Silaiang Lembah Anai terputus total karena longsor (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Setelah sempat terputus total disebabkan oleh bencana longsor beberapa hari terakhir, akses jalan Bukittinggi - Padang melalui Malalak, Kabupaten Agam kini terlihat ramai dan lancar.

Camat Malalak, Zulwardi mengungkap volume kendaraan dari arah Padang ke Bukittinggi maupun sebaliknya terpantau padat baik roda empat maupun roda dua setelah dilakukan pembersihan oleh pihak terkait.

"Alhamdulillah setelah diupayakan pembersihan material longsor pada Minggu (12/5) jalur Malalak - Bukittinggi kondisi lalu lintas berjalan dengan lancar." kata Zulwardi, Senin.

Menurutnya, hal ini juga didukung dengan tidak adanya titik dan material longsor yang bertambah di sepanjang jalur tersebut dengan kondisi cuaca cerah.

Namun dia tetap menghimbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati- hati karena resiko bahaya masih tinggi.

" Kepada semua pengguna jalan kami pesankan untuk selalu meningkatkan kehati-hatian serta kewaspadaan karena bekas longsoran di lokasi kejadian masih licin dan belum sepenuhnya bersih" harap Zulwardi.

Jalur Malalak menjadi pilihan utama jalan lintas Bukittinggi - Padang, bahkan Sumbar - Riau saat ini setelah jalan di Silaing Lembah Anai putus total sejak Sabtu (11/5).

Malalak memiliki kontur jalan penuh dengan tikungan tajam dan tanjakan dan berbatasan dengan Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat.