Jaga lingkungan, DLH Bukittinggi bantu warga gotong royong

id DLH Bukittinggi

Jaga lingkungan, DLH Bukittinggi bantu warga gotong royong

Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bukittinggi membantu warga dalam kegiatan gotong royong pembersihan lahan di Bantodarano, Bukittinggi (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Bukittinggi, Sumatera Barat aktif melakukan bantuan kebersihan bersama warga yang aktif melakukan gotong royong.

"Walaupun hari libur, DLH siap membantu warga yang aktif menggelar aktivitas kebersihan lingkungan seperti di daerah Bantodarano Kelurahan Campago Guguk Bulek dalam rangka pembersihan lahan sekitar rumah ibadah," kata Kepala DLH Bukittinggi, Aldiasnur, Minggu.

Ia mengatakan satu unit truk kecil atau dump truck bersama lima personel DLH ditugaskan langsung ke lapangan ketika warga meminta bantuan pengadaan transportasi untuk pembuangan limbah berupa tanaman liar yang dibersihkan warga secara gotong royong.

"Nantinya jika mencukupi akan dibuang langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Payakumbuh atau di DLH dalam sistem transfer depo untuk penimbunan lahan," kata dia.

Ia menyebut selain mobil operasional rutin yang secara rutin menjemput sampah warga, juga disediakan beberapa unit dump truck yang digunakan dalam kondisi kelebihan volume sampah dan keperluan kebersihan warga.

"Ada empat dump truck yang disiagakan, kami optimis Bukittinggi sebagai kota bersih dapat dipertahankan melalui Adipura jika warga dan petugas bisa terus bekerjasama dalam upaya kebersihan," kata Aldiasnur.

Petugas DLH tampak bersemangat bersama warga Bantodarano dalam kegiatan gotong royong pembebasan lahan yang semula ditumbuhi beragam tanaman liar di sekitar masjid.

"Terimakasih dan apresiasi kepada petugas yang tanpa pamrih membantu warga, pengadaan dump truck ini sangat membantu pembuangan sampah lingkungan," kata seorang warga, Jhonny Robby.

Ia mengatakan sampah lingkungan itu susah dibuang dan takut jika dibakar akan menyebabkan resiko kebakaran.

"Beruntung ada DLH Bukittinggi yang memiliki fasilitas lengkap untuk solusi sampah lingkungan ini, program kota sehat Bukittinggi dari Wali Kota Erman Safar memang dibuktikan dengan pengadaan program maupun tenaga kerja mumpuni," pungkasnya.