Perkuat tusi, Kakanwil Kemenkumham Sumbar tekankan pentingnya kerjasama dengan stakeholder

id Kemenkumham Sumbar

Perkuat tusi, Kakanwil Kemenkumham Sumbar tekankan pentingnya kerjasama dengan stakeholder

Padang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatra Barat (Sumbar) Amrizal didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti beserta jajaran melakukan monitoring dan penguatan kepada jajaran di Rutan kelas II B Padang Panjang dan Rutan Jelas II B Batusangkar pada Senin (23/4).

Kedatangan rombongan Kakanwil tersebut disambut langsung oleh masing masing Karutan dengan hangat bersama seluruh pejabat struktural rutan dan jajaran.

Dalam arahannya Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinasti menyampaikan bahwa apa yang menjadi target kinerja tahun 2024 tercapai dengan baik.

"Apa saja yang menjadi rencana dari Pelaksana tugas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, maka dari itu kita harus pahami dan diaplikasikan di lingkungan kerja dengan dasar integritas," katanya.

Berdasarkan motivasi yang disampaikan oleh Plt Dirjen Pemasyarakatan beberapa kinerja belum sempurna, dan harus dicapai.

"Setiap program program harus dipenuhi agar pemasyarakatan dipandang baik oleh masyarakat," katanya.

Beberapa program itu di antaranya adalah "Back to basic" untuk meningkatkan pelayanan dan pembinaan di lembaga pemasyarakatan, serta memperhatikan kesehatan warga binaan..

"Setiap Lapas atau Rutan di Sumbar harus memperhatikan kebersihan lembaga serta kebersihan dapur," katanya.

Pemasyarakatan modern memiliki ciri-ciri yakni deteksi dini, berantas narkoba, dan yang ketiga saya tekankan yaitu jalin kerjasama dengan penegak hukum dan stakeholder lainnya. Tidak hanya dengan yang resmi, akan tetapi kita juga dengan yang non resmi.

Dalam penguatannya Dwinastiti juga menyampaikan bahwa kunjungan bersama Kakakanwil tidak hanya memberikan langsung penguatan tetapi juga untuk bersilaturahmi.

Sehingga setiap lini di bawah naungan Kemenkumham Sumbar bisa kompak dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

.

Sebelum memberikan arahan dan penguatan, Kakanwil Amrizal didampingi kadivpas beserta jajaran sempat melakukan kontrol keliling blok hunian WBP, dan menyapa seluruh warga binaan.