97 dari 102 CJH Padang Panjang divaksin meningitis

id CJH Padang Panjang divaksin meningitis

97 dari 102 CJH Padang Panjang divaksin meningitis

Jelang keberangkatan semua CJH Padang Panjang dipastikan telah divaksin meningitis.

Padang Panjang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, dr. Faizah, menyebutkan Calon Jemaah Haji (CJH) yang sudah dipastikan berangkat ke Tanah Suci wajib mengikuti vaksinasi meningitis.

Hal itu dikatakan dr. Faizah di Puskesmas Gunung Kecamatan Padang Panjang Timur, yang sedang melaksanakan vaksinasi meningitis bagi calon jemaah haji kota Padang Panjang, Senin (22/4).

“Vaksinasi meningitis diwajibkan bagi semua CJH untuk mencegah terjadinya risiko penularan penyakit meningitis atau radang selaput otak,” sebut Faizah.

Ia menjelaskan, suntik vaksin meningitis diberikan kepada 102 CJH, tiga Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang terdiri satu dokter dan dua perawat dan Tiga Tenaga Pendamping Haji Daerah (TPHD).

"Bagi CJH yang belum divaksin, diberi kesempatan mengikuti vaksin susulan pada Sabtu, 27 April 2024 di Puskesmas Gunung, dimulai pukul 08.00 WIB dengan melapor terlebih dahulu ke petugas haji di Puskesmas Gunung,” jelas dia.

Jelang keberangkatan, Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Padang Panjang menjalani vaksinasi meningitis yang difasilitasi Dinas Kesehatan (Dinkes) di Puskemas Gunung.

Sementara itu hingga hari ini tercatat 97 CJH yang sudah vaksin sebanyak 97 orang, dan diharapkan jelang keberangkatan dipastikan semua CJH kota itu sudah divaksin meningitis.