Sebanyak 1600 mustahiq di Tanah Datar terima konsumtif lebaran

id mustahiq di Tanah Datar,Bupati Tanah Datar Eka Putra

Sebanyak 1600 mustahiq di Tanah Datar terima konsumtif lebaran

Bupati Tanah Datar Eka Putra secara simbolis menyerahkan bantuan konsumtif lebaran dari Baznas setempat kepada mustahiq (Antara/Etri Saputra). 

Batusangkar (ANTARA) - Sebanyak 1.600 orang yang berhak menerima zakat (mustahiq) se Kabupaten Tanah Datar terima zakat konsumtif dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten setempat .

Kepala Baznas Tanah Datar Yasmansyah di Batusangkar Kamis, mengatakan kegiatan bantuan konsumtif lebaran tersebut rutin dilakukan setiap tahun.

"Pada tahun ini kita menyerahkan kepada 1.600 orang mustahiq dan masing-masingnya akan menerima zakat konsumtif sebesar Rp 500 ribu," kata dia.

Dia mengatakan, sebanyak 1.600 mustahiq tersebut adalah pengusulan dari Unit Pengelola Zakat (UPZ) di kecamatan dan usulan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dengan rincian 1.500 orang diusulkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan dana sebesar Rp750 juta dan sisanya sebanyak 100 orang diusulkan guru sertifikasi Kemenag Tanah Datar, dengan dana Rp50 juta.

"Gunakanlah bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Semoga bisa meringankan biaya kebutuhan bapak ibu jelang lebaran nantinya," kata dia.

Bantuan konsumtif bersumber dari zakat seluruh ASN, Non ASN dan masyarakat yang sudah menyalurkan zakatnya melalui Baznas Tanah Datar.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengajak para penerima manfaat untuk selalu bersyukur atas limpahan rahmat yang telah diberikan.

"Bantuan konsumtif ini adalah salah satu cara kami untuk memberikan bantuan menjelang lebaran ke masyarakat di Tanah Datar," kata dia.