HTR, Def Genus dan Andi Sultan ramaikan Pilkada Bukittinggi dan Agam

id Pilkada Bukittinggi,berita bukittinggi,berita sumbar,pemilu 2024

HTR, Def Genus dan Andi Sultan ramaikan Pilkada Bukittinggi dan Agam

Jam Gadang Kota Bukittinggi. Beberapa nama baru muncul dan menegaskan siap maju sebagai calon pimpinan kepala daerah di Pemilu 2024 (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 diprediksi meriah dengan diikuti beberapa sosok pendatang baru yang menegaskan maju mengikuti kontestasi politik baik sebagai Calon Wali Kota, Wakil Wali Kota atau Bupati dan Wakil Bupati.

Setidaknya ada tiga orang calon yang menyatakan keinginannya tersebut. Heri Tito Rinaldi (HTR), Defi Endri yang akrab dipanggil Def Genus serta Andi Putra yang identik dengan sebutan Sultan di Bukittinggi.

"Awalnya saya hanya ingin pulang ke kampung halaman meneruskan bisnis dan profesi sebagai notaris, namun atas masukan saran dan desakan masyarakat dan rekan. Saya tetapkan maju di Pilkada Bukittinggi," kata HTR (44), Senin.

Ia mengatakan akan maju melalui jalur independen atau tanpa partai namun tetap menjalin komunikasi dengan beberapa partai politik di Kota Bukittinggi.

"Sementara melihat perkembangan dan dinamika politik, saya bersosialisasi ke masyarakat melalui aksi kemanusiaan. Pilihan partai politik tidak tertutup kemungkinan. Namun saat ini sata di jalur independen," kata HTR.

Sosok pendatang baru lainnya adalah Defi Endri (50) yang merupakan tokoh pendidikan dan aktivis sosial di Bukittinggi dan Agam sekaligus Ketua Yayasan Genus.

"Saya siap untuk berbuat lebih jauh untuk Bukittinggi atau Agam. Untuk itu saya akan mengikuti kontestasi di pilkada mendatang jika sudah ada pasangannya. Saya siap menjadi calon wakil bupati Agam atau calon wakil walikota Bukittinggi," kata Defi.

Defi yang memiliki banyak yayasan pendidikan sekaligus berprofesi sebagai pengusaha, mantan ASN dan mantan wartawan. Ia mengaku secara prioritas ingin mengembangkan dunia pendidikan ke arah yang lebih baik, jika terpilih di Agam atau di Bukittinggi.

"Akan ada terobosan-terobosan baru yang akan kita buat dalam dunia pendidikan jika terpilih di Agam atau di Bukittinggi," kata Defi yang pernah meraih penghargaan gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Malaysia yang berpusat di Amerika.

Terakhir, nama baru yang muncul ke publik di Bukittinggi dan menyatakan kesiapan mengikuti Pilkada sementara ini adalah Andi Putra (34) yang merupakan salah seorang pemenang pemilihan legislatif 2024 asal Partai Nasdem.

Andi Putra merupakan seorang pengusaha muda yang bergerak di bidang perikanan dan ekspedisi dengan label "Sultan" asal Bukittinggi dan pernah menjadi manajer PSKB Bukittinggi.

Pria sederhana ini juga kerap dilekatkan dengan sebutan "Sultan" karena aktif melaksanakan aksi sosial di daerah setempat dan jarang diekspos media.

Saat ini ia berhasil lolos ke kursi DPRD Bukittinggi dari Partai Nasdem dan digadang-gadang bakal mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bukittinggi 2024.

"Saya siap untuk maju di Pilkada Bukittinggi dengan terus mengikuti dinamika dan alur politik terkini serta menunggu arahan partai," katanya.

Sebelumnya Partai Nasdem Sumbar tengah merancang persiapan untuk bagi calon kepala daerah yang akan maju pada pemilihan kepala daerah.

Ketiga sosok pendatang baru ini tampak ikut serta dan ambil bagian dalam program berbagi takjil Ramadan bersama kelompok gabungan wartawan Bukittinggi Press Club (BPC) ke keluarga pasien di Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) dan pengendara jalan beberapa waktu lalu.